DISTRIBUSI KASUS MALARIA BERDASARKAN SPASIO TEMPORAL INDOOR RESIDUAL SPRAY (IRS) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DADIREJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2013-2015

Fatmiyati, 6411412131 (2016) DISTRIBUSI KASUS MALARIA BERDASARKAN SPASIO TEMPORAL INDOOR RESIDUAL SPRAY (IRS) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DADIREJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2013-2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2874Kb)

    Abstract

    Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh Plasmodium yang ditularkan oleh nyamu Anopheles sp. Salah satu pengendalian kejadian malaria dengan mengontrol keberadaan vektor pembawa. Kepadatan vektor malaria dapat dikendalikan dengan Indoor Residual Spray (IRS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran distribusi kasus malaria berdasarkan spasio-temporal Indoor Residual Spray (IRS) di wilayah kerja Puskesmas Dadirejo tahun 2013- 2015. Jenis penelitian ini Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif menggunakan desain penelitian crossectional dan pendekatan keruangan dan waktu. Analisis data dilakukan secara spasio temporal dengan menggunakan klasifikasi, overlay, dan calculate distance bands from neighbor count. Hasil penelitian ini,yang memberikan gambaran persebaran pola kasus malaria berdasarkan Indoor Residual Spray (IRS) secara spasial dari 2013 sampai 2015 yaitu menggerombol dan mengalami kenaikan kasus pada wilayah yang tidak dilakukan Indoor Residual Spray (IRS) selain itu, lingkungan responden yang mendukung kejadian malaria dengan banyaknya tempat perindukan positif Anopheles sp. Waktu penyemprotan Indoor Residual Spray (IRS) yang tidak dilakukan sebelum puncak kasus terjadi sehingga efektifitas Indoor Residual Spray (IRS) menjadi berkurang. Saran yang direkomendasikan adalah memperhatikan kesehatan lingkungan dan meningkatkan pencegahan pribadi, perlu dilakukan evaluasi untuk setiap kegiatan Indoor Residual Spray (IRS), dan kedepan dapat dilakukan penelitian mendalam mengenai pelaksaan Indoor Residual Spray (IRS) di wilayah kerja Puskesmas Dadirejo.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Spasio temporal, Indoor Residual Spray, dan Malaria
    Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: pkl3 tik 2017
    Date Deposited: 03 Apr 2017 15:06
    Last Modified: 03 Apr 2017 15:06

    Actions (login required)

    View Item