GAMBARAN PENERAPAN MANAJEMEN KESELAMATAN RADIASI DALAM PENGGUNAAN PESAWAT SINAR X DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016


Tri Dianasari, 6411412124 (2016) GAMBARAN PENERAPAN MANAJEMEN KESELAMATAN RADIASI DALAM PENGGUNAAN PESAWAT SINAR X DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412124.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) diupayakan bagi seluruh pekerja rumah sakit termasuk pekerja radiasi. Instalasi radiologi merupakan salah satu pelayanan medis spesialis penunjang di rumah sakit. Radiologi ini memanfaatkan sinar X untuk keperluan diagnosis. Sinar X merupakan jenis pengion yang paparan radiasinya selain dapat memberikan manfaat juga dapat menimbulkan bahaya. Untuk mencegah hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan aspekaspek manajemen keselamatan radiasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran penerapan manajemen keselamatan radiasi pada instalasi radiologi RSUD Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2016. Jenis penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara dengan 3 informan, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 5 variabel, 16 komponen, 48 poin sebanyak 29 poin (60,42%) terpenuhi dan sesuai dengan standar/peraturan. Sebanyak 10 poin (20,83%) terpenuhi tetapi belum sesuai dengan standar/peraturan. Sebanyak 9 poin (18,75%) tidak terpenuhi oleh instalasi radiologi RSUD Ungaran. Saran yang direkomendasikan adalah pengadaan surveymeter, penambahan alat proteksi radiasi, merenovasi ruangan kamar pemeriksaan 1, membuat rencana penanggulangan paparan darurat, petugas radiasi mengikuti pelatihan dan menggunakan alat proteksi dengan konsisten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan, Radiasi, Radiologi
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 38256 not found.
Date Deposited: 04 May 2017 11:51
Last Modified: 04 May 2017 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26230

Actions (login required)

View Item View Item