ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS) TERHADAP KEJADIAN PNEUMONIA BALITA DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG

ADINING TYAS AMBIKA WARDANI , 6411412099 (2016) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS) TERHADAP KEJADIAN PNEUMONIA BALITA DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1170Kb)

    Abstract

    Manajeman Terpadu Balita Sakit (MTBS) adalah system untuk menangani balita sakit usia 0-5 tahun secara terpadu guna meningkatkan derajat kesehatan.Salah satu masalah kesehatan pada balita yang biasanya ditangani dengan MTBS adalahmasalah pneumonia. Pneumonia merupakan penyakit infeksi akut yang mengenai jaringan paru (Alveoli) dan merupakan salah satu penyebab kematian balita di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Manajeman Terpadu Balita Sakit (MTBS) terhadap kejadian pneumonia balita melalui komponen input, proses, output. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan “Studi kasus”. Informan berjumlah 5 orang 1 orang merupakan orang informan utama dan 4 informan triangulasi orang terkait dengan penerapan MTBS. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan MTBS yang dilaksanakan di Puskesmas Halmahera ini dilihat dari 3 komponen yaitu input, proses, output untuk ketersedian SDM sudah memenuhi standard hanya saja jumlah petugas MTBS masih kurang, proses penerapan sudah sesuai dengan pedoman MTBS yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan. Sedangkan untuk input angka cakupan penemuan kasusnya sudah tercapai. Saran untuk peneliti selanjutnya meneliti variable-variabel yang belum diteliti.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), Input, Proses, Output
    Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: pkl3 tik 2017
    Date Deposited: 03 Apr 2017 14:57
    Last Modified: 03 Apr 2017 14:57

    Actions (login required)

    View Item