ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS) TERHADAP KEJADIAN PNEUMONIA BALITA DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG


ADINING TYAS AMBIKA WARDANI , 6411412099 (2016) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS) TERHADAP KEJADIAN PNEUMONIA BALITA DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412099_.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajeman Terpadu Balita Sakit (MTBS) adalah system untuk menangani balita sakit usia 0-5 tahun secara terpadu guna meningkatkan derajat kesehatan.Salah satu masalah kesehatan pada balita yang biasanya ditangani dengan MTBS adalahmasalah pneumonia. Pneumonia merupakan penyakit infeksi akut yang mengenai jaringan paru (Alveoli) dan merupakan salah satu penyebab kematian balita di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Manajeman Terpadu Balita Sakit (MTBS) terhadap kejadian pneumonia balita melalui komponen input, proses, output. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan “Studi kasus”. Informan berjumlah 5 orang 1 orang merupakan orang informan utama dan 4 informan triangulasi orang terkait dengan penerapan MTBS. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan MTBS yang dilaksanakan di Puskesmas Halmahera ini dilihat dari 3 komponen yaitu input, proses, output untuk ketersedian SDM sudah memenuhi standard hanya saja jumlah petugas MTBS masih kurang, proses penerapan sudah sesuai dengan pedoman MTBS yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan. Sedangkan untuk input angka cakupan penemuan kasusnya sudah tercapai. Saran untuk peneliti selanjutnya meneliti variable-variabel yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), Input, Proses, Output
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 38256 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2017 18:57
Last Modified: 03 Apr 2017 18:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item View Item