FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK VAGINAL DOUCHING YANG BERISIKO MENULARKAN IMS PADA WPS DI RESOSIALISASI ARGOREJO SEMARANG

Dian Novita Widyasari, 6411412070 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK VAGINAL DOUCHING YANG BERISIKO MENULARKAN IMS PADA WPS DI RESOSIALISASI ARGOREJO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3397Kb)

    Abstract

    WPS adalah wanita yang berprofesi menjual jasa untuk memuaskan kebutuhan seksual pelanggan. Praktik yang biasa dilakukan yaitu vaginal douching dengan memasukkan air atau bahan cairan lain seperti larutan produk komersil, campuran air dan cuka, dan bahan lainnya yang dimasukkan dalam vagina. Vaginal douching adalah faktor risiko dari IMS. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan praktik vaginal douching yang berisiko menularkan IMS pada WPS di Resosialisasi Argorejo Semarang. Penelitan ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan total sampel sebanyak 73 responden. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (p=0,001), sikap (p=0,001), dukungan mucikari (p=0,013), persepsi kerentanan (p=0,035) dengan praktik vaginal douching berisiko menularkan IMS, dan tidak ada hubungan antara dukungan teman (p=0,085), ketersediaan layanan kesehatan (p=0,242), persepsi keparahan (p=0,704), persepsi manfaat (p=0,924), persepsi hambatan (p=0,149), persepsi isyarat untuk bertindak (p=0,151) dengan praktik vaginal douching berisiko IMS. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah meningkatkan promosi kesehatan dengan memberikan informasi yang benar tentang IMS sehingga dapat menghilangkan kepercayaan yang salah tentang cara pencegahan IMS.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: IMS; Vaginal Douching; WPS
    Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: pkl3 tik 2017
    Date Deposited: 03 May 2017 09:59
    Last Modified: 03 May 2017 09:59

    Actions (login required)

    View Item