PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 2 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Tri Widyaningtyas , 2101406630 (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 2 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 2 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan meneruskan cerita erat hubunganya dengan interaksi atau hubungan langsung dengan cerita yang telah dibacanya. Berdasarkan hal tersebut banyak siswa yang belum mampu berimajinasi dalam meneruskan cerita khususnya cerpen. Hal ini dapat dilihat pada siswa SMA Negeri 2 Slawi yang masih rendah kemampuannya dalam menulis cerpen. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor yang berasal dari guru sebagai fasilisator dan dari siswa sebagai peserta kegiatan belajar. Masalah-masalah yang dihadapi siswa meliputi sulitnya mengeluarkan ide-ide, kehabisan kata-kata, dan tidak tahu bagaimana memulai menulis sebuah cerita dan sulitnya menyusun sebuah kalimat dalam cerita dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Melalui penelitian ini, peneliti akan menerapkan pembelajaran menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui media audio visual untuk mengatasi rendahnya keterampilan siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Slawi dalam menulis cerpen dan untuk mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik. Berdasarkan uraian di atas, maka permasalahan yang ingin diungkapkan dalam penelitian ini yaitu: (1)Seberapa besarkah peningkatan menulis cerpen dengan penggunaan teknik meneruskan cerita melaui media audio visual pada siswa X-4 SMA Negeri 2 Slawi, (2)Bagaimana perubahan tingkah laku dalam penulisan cerpen dengan penggunaan teknik meneruskan cerita melalui media audio visual pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Slawi dalam proses pembelajaran menulis cerpen. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut(1)Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui media audio visual pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Slawi, (2)Medeskripsikan pengaruh perubahan tingkah laku siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Slawi dengan penggunaan teknik meneruskan cerita melalui media audio visual. Diharapakan dengan penggunaan teknik meneruskan cerita melalui media audio visual ini dapat membantu peningkatan keterampian menulis siswa khusunya cerpen, dengan meneruskan cerita dengan episode baru sehingga memudahkan siswa menulis cerpen, dengan dilengkapi media audio visual sebagai rangsangan berpikir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Alasan dilakukannya dua siklus, karena untuk mengetahui perubahan nilai rata-rata kelas yang dicapai dan untuk mengukur seberapa perubahan sikap yang terjadi. Siklus I dan siklus II terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari instrumen tes dan nontes. Data instrumen tes diperoleh dari hasil tes yang berupa menulis cerpen, sedangkan data instrument non tes diperoleh dari observasi, catatn harian, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, baik tes dan nontes dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setelah kegiatan pembelajaran menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melaui media audio visual dilakukan, maka data tes dan nontes diperoleh. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik meneruskan cerita melalui media audio visual, keterampilan siswa dalam menulis cerpen meningkat sebesar 19,6 atau 29,07% dari 67,42 pada siklus I menjadi 87,02 pada siklus II. Perilaku yang ditunjukkan siswa pun mengalami perubahan setelah diberikan tindakan oleh peneliti. Siswa lebih bersemangat dan lebih antusias dalam menulis khususnya menulis cerpen. Dari hasil penelitian tersebut, maka peneliti merekomendasikan beberapa saran antara lain: 1) guru hendaknya menggunakan teknik meneruskan cerita melalui media audio visual pada pembelajaran menulis cerpen karena sudah terbukti dapat meningkatkan prestasi siswa dan pembelajaran dapat berjalan lebih menarik bagi siswa, 2) para peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa tetapi menggunakan media ataupun strategi yang berbeda dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis cerpen, teknik meneruskan cerita, media audio visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2011 05:43 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2621 |
Actions (login required)
View Item |