Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Mata Diklat Teknik Audio - Video SMK Negeri di Kota Semarang.


Rizky Agustian Khaqqi, 5301404015 (2009) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Mata Diklat Teknik Audio - Video SMK Negeri di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Mata Diklat Teknik Audio -Video SMK Negeri di Kota Semarang.]
Preview
PDF (Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Mata Diklat Teknik Audio -Video SMK Negeri di Kota Semarang.) - Published Version
Download (489kB) | Preview

Abstract

Profesionalisme berkembang sesuai dengan kemajuan masyarakat modern. Hal ini menuntut beraneka ragam spesialisasi yang sangat diperlukan dalam masyarakat yang semakin kompleks. Masalah profesi kependidikan sampai sekarang masih banyak diperbincangkan, baik di kalangan pendidikan maupun di luar pendidikan. Jabatan guru merupakan jabatan profesional, dan sebagai jabatan profesional pemegangnya harus memenuhi kualifikasi profesi tertentu. Apakah profesionalisme guru mata diklat Teknik Audio – Video SMK Negeri di Kota Semarang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar dan faktor manakah yang paling dominan diantara tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru mata diklat Teknik Audio – Video SMK Negeri di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) di Kota Semarang. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel sebanyak 36 responden yang terdiri dari guru setiap SMK Negeri yang menjadi populasi penelitian. Jumlah sampel tersebut berdasarkan data guru dari Dinas Pendidikan Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik dokumentasi dan teknik angket. Selanjutnya hasil angket responden dari masing-masing indikator dianalisis, kemudian menghitung skor angket yang diperoleh ke dalam bentuk deskriptif persentase dan dianalisis dengan menggunakan regresi ganda tiga prediktor. Berdasarkan hasil penelitian tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar mempunyai pengaruh secara simultan sebesar 23,60 %, dan F hitung diperoleh 3,30, harga tersebut dikonsultasikan dengan F tabel dengan taraf kesalahan 5% diperoleh 2,90. Karena F hitung lebih besar dari F tabel maka untuk taraf kesalahan 5% (3,30 > 2,90), maka dapat disimpulkan tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar mempengaruhi profesionalisme guru mata diklat Teknik Audio – Video SMK Negeri di Kota Semarang. Saran dari penulis ini yaitu Guru diharapkan meningkatkan profesionalismenya baik dalam hal tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar, maupun pelaksanaan pembelajaran, dan prestasi akademik sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Para calon peneliti dapat menggunakan variabel bebas lain sebagai variabel yang mempengaruhi profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2011 03:16
Last Modified: 25 Apr 2015 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item