ANALISIS PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SE- KECAMATAN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Catur Tias Pamungkas, 7101412057 (2016) ANALISIS PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SE- KECAMATAN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3450Kb)

    Abstract

    Prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur untuk menunjukkan keberhasilan suatu pendidikan. Data rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) SMA 2014/2015 Kabupaten Purbalingga menunjukkan adanya penurunan dibandingkan tahun sebelumnya dan masuk peringkat 13 terendah di Provinsi Jawa Tengah.Berdasarkan observasi awal di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga, diketahui bahwa rata-rata nilai mata pelajaran ekonomi siswa di semua kelas XI IPSmenunjukkanangka yangbelum mencapai kriteria ketuntasan minimum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar yang disebabkan perbedaan gaya belajar dan pola asuh orang tua siswa. Selanjutnya adakah pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA se-Kecamatan Purbalingga tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA se- Kecamatan Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 456 siswa dengan jumlah sampel 213 siswa yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster proportional random sampling (sampel imbangan kelompok). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan gaya belajar tidak berdampak prestasi belajar, sedangkan perbedaan pola asuh orang tua berdampak pada prestasi belajar. Perbedaan gaya belajar juga diketahui tidak berdampak pada motivasi belajar, sedangkan perbedaan pola asuh orang tua berdampak pada tingkat motivasi belajar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasar hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel gaya belajar tidak berpengaruh terhadap tingkat motivasi dan prestasi belajar siswa, sedangkan pola asuh orang tua berpengaruh. Motivasi belajar juga secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar.Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu orang tua lebih baik mengarahkan pola asuhnya ke pola asuh demokrasidan dengan dukungan guru dan orang tua, siswa diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajarnya. Serta pengukuran pretasi belajar bisa diperdalam dengan menggunakan nilai UAS (Ujian Akhir Semester), nilai rapor, ataupun dengan menggunakan suatu tes yang disusun sendiri oleh peneliti.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Pola Asuh, Motivasi Belajar, Pretasi Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: pkl2 tik 2017
    Date Deposited: 08 Mar 2017 07:08
    Last Modified: 08 Mar 2017 07:08

    Actions (login required)

    View Item