ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS (BADANPENYELENGGARAJAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP (IRI) BANGSAL DAHLIA RSUD UNGARAN


NOVITA RESHA VIANTI, 6411412001 (2016) ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS (BADANPENYELENGGARAJAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP (IRI) BANGSAL DAHLIA RSUD UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) terhadap pelayanan kesehatan di Instalasi Rawat Inap (IRI) Bangsal Dahlia RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah snowball sampling yang merupakan teknik penentuan sampel yang mulanya jumlahnya kecil, kemudian membesar. Informan utama berjumlah 8 orang yang terdiri dari pasien pebgguna BPJS di Bangsal Dahlia dan informan triangulasi yang berjumlah 7 orang terkait dengan pelayanan kesehatan kepuasan pasien yang akan berdampak terhadap kepuasan pasien. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan grup diskusi dengan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa palayanan kesehatan belum berjalan dengan maksimal. Dari lima (5) dimensi yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien, terdapat tiga hal yang belum berjalan secara maksimal sehingga berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tiga hal tersebut adalah fasilitas yang belum maksimal, komunikasi petugas kesehatan yang kurang baik, dan tidak terdapat perhatian khusus dari petugas kepada pasien. Saran bagi instansi terkait untuk memperbaiki fasilitas yang rusak (belum berjalan maksimal), meningkatkan performance khususnya komunikasi yang lebih baik, meluangkan waktu khusus untuk berkomunikasi dengan pasien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, RSUD Ungaran.
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 38256 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2017 12:06
Last Modified: 08 Mar 2017 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26154

Actions (login required)

View Item View Item