ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS (BADANPENYELENGGARAJAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP (IRI) BANGSAL DAHLIA RSUD UNGARAN

NOVITA RESHA VIANTI, 6411412001 (2016) ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS (BADANPENYELENGGARAJAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP (IRI) BANGSAL DAHLIA RSUD UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1658Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) terhadap pelayanan kesehatan di Instalasi Rawat Inap (IRI) Bangsal Dahlia RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah snowball sampling yang merupakan teknik penentuan sampel yang mulanya jumlahnya kecil, kemudian membesar. Informan utama berjumlah 8 orang yang terdiri dari pasien pebgguna BPJS di Bangsal Dahlia dan informan triangulasi yang berjumlah 7 orang terkait dengan pelayanan kesehatan kepuasan pasien yang akan berdampak terhadap kepuasan pasien. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan grup diskusi dengan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa palayanan kesehatan belum berjalan dengan maksimal. Dari lima (5) dimensi yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien, terdapat tiga hal yang belum berjalan secara maksimal sehingga berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tiga hal tersebut adalah fasilitas yang belum maksimal, komunikasi petugas kesehatan yang kurang baik, dan tidak terdapat perhatian khusus dari petugas kepada pasien. Saran bagi instansi terkait untuk memperbaiki fasilitas yang rusak (belum berjalan maksimal), meningkatkan performance khususnya komunikasi yang lebih baik, meluangkan waktu khusus untuk berkomunikasi dengan pasien.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, RSUD Ungaran.
    Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: pkl3 tik 2017
    Date Deposited: 08 Mar 2017 07:06
    Last Modified: 08 Mar 2017 07:06

    Actions (login required)

    View Item