ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN PENERBITAN SUKUK IJARAH DAN OBLIGASI KONVENSIONAL TERHADAP REAKSI PASAR

Efri Kurnia Saputri, 7311412016 (2016) ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN PENERBITAN SUKUK IJARAH DAN OBLIGASI KONVENSIONAL TERHADAP REAKSI PASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1460Kb)

    Abstract

    Pengumuman penerbitan sukuk ijarah dan obligasi konvensional merupakan informasi yang dapat digunakan sebagai pertimbangan investasi, jika investor memanfaatkan informasi pengumuman penerbitan sukuk ijarah dan obligasi konvensional, maka pengumuman tersebut akan menyebabkan perubahan harga saham perusahaan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengumuman penerbitan sukuk ijarah dan obligasi konvensional terhadap reaksi pasar yang diproksikan dengan abnormal return dan trading volume activity. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengumuman penerbitan sukuk ijarah dan obligasi konvensional pada tahun 2012-2015. Sampel berdasarkan kriteria purposive sampling ada 6 pengumuman penerbitan sukuk ijarah dan 65 pengumuman penerbitan obligasi konvensional. Penelitian ini merupakan event study menggunakan metode market-adjusted model dengan periode jendela selama 21 hari (t-10 sampai t+10). Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian adalah uji t-test dan paired ttest. Hasil penelitian ini menemukan terdapat pengaruh pengumuman penerbitan sukuk ijarah terhadap abnormal return selama 2 hari, yaitu pada t-7 signifikan 20% dan t+10 dengan tingkat signifikan 20%. Pengumuman penerbitan obligasi konvensional juga menimbulkan abnormal return signifikan selama 6 hari, yaitu pada t-7, t-3 dan t+4 tingkat signifikan 10% dan t-1, t+3 dan t+7 dengan tingkat signifikan 20%. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan sukuk ijarah dengan nilai sig 2- tailed sebesar 0.646 >0.05. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan obligasi konvensional dengan nilai sig 2-tailed sebesar 0.612 >0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat abnormal return yang signifikan di sekitar pengumuman penerbitan sukuk ijarah maupun obligasi konvensional. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan sukuk ijarah maupun obligasi konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengumuman Penerbitan Sukuk Ijarah dan Obligasi Konvensional, Reaksi Pasar, Return, Abnormal Return, Trading Volume Activity.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: pkl1 tik 2017
    Date Deposited: 03 Mar 2017 06:17
    Last Modified: 03 Mar 2017 06:17

    Actions (login required)

    View Item