ANALISIS PENGETAHUAN KOGNITIF PETANI HUTAN DALAM PELAKSANAKAN PROGRAM PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM) DI DESA JOMBLANG KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA


Chandra Satria Harimurti, 3201412109 (2016) ANALISIS PENGETAHUAN KOGNITIF PETANI HUTAN DALAM PELAKSANAKAN PROGRAM PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM) DI DESA JOMBLANG KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201412109.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hutan merupakan sumberdaya yang dapat diperbaharui, sehingga dapat dimanfaatkan secara b erkelanjutan, untuk menjaga kelestarian hutan perlu diadakan pengelolaan hutan secara baik dan benar. Salah satunya ialah melalui pendidikan nonformal yaitu dengan pengetahuan kognitif petani hutan dalam pelaksanaan program Pengelolaan Hutan Bersama Masyar akat (PHBM). Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengetahuan kognitif petani hutan tentang program PHBM (2) Bagaimanakah partisipasi petani hutan dalam pelaksanaan program PHBM (3) Bagaimanakah hubungan pengetahuan kognitif petani hutan dengan partisipasi pelaksanaan program PHBM. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui pengetahuan kognitif petani hutan tentang program PHBM (2) Mengetahui partisipasi petani hutan dalam pelaksanaan program PHBM (3) Mengetahui hubungan pengetahuan k ognitif petani hutan dengan partisipasi pelaksanaan program PHBM. Populasi penelitian ini adalah seluruh petani hutan yang tergabung dalam anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jati Bagus. Ada dua variabel dalam penelitian ini, yaitu: pengetahuan k ognitif dan pelaksanaan program PHBM. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis geografi, dengan spesifikasinya deskriptif persentase, dan kemudian dihubungkan antar variabelnya menggunakan tabulasi silang dengan korelasi uji chi - square test . Hasil penelitian yang diperoleh adalah pengetahuan kognitif petani hutan berada pada kategori cukup. Sedangkan partisipasi petani hutan dalam pelaksanaan program PHBM berada pada kategori cukup. Dari hasil uji tabulasi silang terdapat hubungan yang positif, mak in tingggi pengetahuan kognitif petani hutan makin tinggi pula pelaksanaan program PHBM. Kesimpulan dalam penelitian ini pengetahuan kognitif petani hutan dalam pelaksanaan program PHBM cukup sehingga perlu ditingkatkannya kesadaran penduduk tentang pentin gnya pendidikan sebagai bekal pengetahuan untuk menunjang kehidupannya. Perhutani dan LMDH perlu memberikan pelatihan, penyuluhan, maupun pembinaan secara rutin dan menyeluruh kepada masyarakat Desa Hutan guna mendorong petani hutan agar dapat berpartisipa si lebih dalam pelaksanaan program PHBM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Kognitif, Petani Hutan, PHBM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 38267 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2017 13:51
Last Modified: 03 Mar 2017 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26088

Actions (login required)

View Item View Item