ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH DAN KARYAWAN BANK SYARIAH DI KOTA SEMARANG


Citra Ayu Ratna P, 7211412160 (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH DAN KARYAWAN BANK SYARIAH DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211412160.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia masih sangat minim dan belum banyak memiliki nasabah loyal. Hasil riset yang dilakukan oleh Towers Watson dalam Talent Mangement and Rewards Survey 2012 menemukan bahwa perusahaan tidak memahami faktor-faktor yang menjadi pertimbangan karyawan untuk tetap tinggal dan tidak pindah ke perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi, kualitas pelayanan, keadilan, religiusitas dan pengetahuan produk terhadap loyalitas nasabah dan karyawan di kota Semarang.Penelitian ini berdasarkan Teori Al-Wala’, Teori Reasoned Action, Teori Atribusi dan Teori Stewardship. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah dan karyawan bank syariah di Kota Semarang. Populasi penelitian ini merupakan nasabah dan karyawan bank syariah di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, diperoleh sebanyak 132 responden yang terdiri 78 responden nasabah dan 54 responden karyawan. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial LeastSquare (PLS) Path Modelling dengan alat analisis SmartPLS3.0. Hasil penelitian dengan responden nasabah menunjukkan bahwa kepercayaan, komitmen, keadilan, religiusitas dan pengetahuan tentang produk memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Komunikasi, dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil penelitian dengan responden karyawan menunjukkan bahwa kepercayaan, komitmen, kualitas pelayanan, dan religiusitas memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Komunikasi, keadilan dan pengetahuan tentang produk tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini belum menentukan jumlah sampel sehingga penelitian selanjutnya dapat menentukan jumlah sampel. Saran kepada pihak bank dapat memaksimalkan komunikasi dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Nasabah, Loyalitas Karyawan, Bank Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 38254 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2017 11:00
Last Modified: 03 Mar 2017 11:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26075

Actions (login required)

View Item View Item