ANALISIS PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM TERHADAP KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KINERJA KARYAWAN PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) DI KABUPATEN BANJARNEGARA

Catur Sigit Hartanto, 7211412159 (2016) ANALISIS PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM TERHADAP KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KINERJA KARYAWAN PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1831Kb)

    Abstract

    Kepuasan kerja merupakan suatu perasaan positif tentang pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari sebuah evaluasi karakteristiknya. Komitmen organisasi (organizational commitment) mencerminkan tingkat di mana seseorang mengenali sebuah organisasi dan terikat pada tujuan-tujuannya, dengan harapan seorang karyawan dapat menunjukan kesediaan untuk bekerja lebih keras demi mencapai tujuan organisasi dan memiliki hasrat yang lebih besar untuk tetap bekerja di suatu organisasi tersebut. Kinerja karyawan merupakan tingkat keberhasilan karyawan dengan membandingkan hasil kerja dengan standar kerja dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan oleh perusahaan. Penelitian ini berdasarkan syariah enterprise theory, theory of reasoned action, teori al wala’, dan stewardship theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika kerja Islam terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini merupakan karyawan Baitul Mal wat Tamwil (BMT) di Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, diperoleh sebanyak 35 responden. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) Path Modelling dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika kerja Islam memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kinerja karyawan. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian selanjutnya dalam perumusan indikator mereplikasi dari jurnal internasional atau tesis agar indikator lebih akurat dan diharapkan penelitian selanjutnya untuk memperluas populasi yang diteliti agar dapat memperkuat hasil temuan terhadap variabel dependen, sehingga diharapkan hasil dari penelitian selanjutnya dapat lebih baik dari penelitian sebelumnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Etika Kerja Islam, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Kinerja Karyawan.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: pkl1 tik 2017
    Date Deposited: 03 Mar 2017 06:06
    Last Modified: 03 Mar 2017 06:06

    Actions (login required)

    View Item