ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION AUDITOR DENGAN KINERJA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada KAP di Semarang)

Astri Lila Kurnia, 7211412147 (2016) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION AUDITOR DENGAN KINERJA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada KAP di Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1873Kb)

    Abstract

    Turnover intention merupakan niat atau keinginan dari seorang karyawan untuk keluar, berhenti atau pindah dari pekerjaannya. Turnover intention auditor menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi di Kantor Akuntan Publik. Permasalah turnover intention dapat menimbulkan kerugian maupun menganggu aktivitas pekerjaan di Kantor Akuntan Publik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasi, stres kerja terhadap turnover intention auditor dengan kinerja auditor sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik kota Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan metode survey dengan kuesioner yang disebarkan secara langsung. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling, diperoleh sebanyak 34 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan menggunakan software SPSS v2.1. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kepuasaan kerja memiliki hubungan yang negatif dan berpengaruh signifikan terhadap turnover intention auditor. Begitupula dengan komitmen organisasi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention auditor. Sementara stres kerja berpengaruh positif terhadap turnover intention auditor. Namun kinerja auditor tidak terbukti memoderasi hubungan antara kepuasan kerja terhadap turnover intention auditor. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap turnover intention auditor. Dan stres kerja berpengaruh positif terhadap turnover intention auditor. Tetapi kinerja auditor tidak dapat memoderasi pengaruh antara kepuasan kerja terhadap turnover intention auditor. Oleh karena itu saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan variabel moderating lain yang mendorong pengaruh variabel independen penelitian terhadap turnover intention auditor.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Auditor, Stres Kerja, Turnover Intention Auditor.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: pkl1 tik 2017
    Date Deposited: 03 Mar 2017 06:11
    Last Modified: 03 Mar 2017 06:11

    Actions (login required)

    View Item