Number Heads Together dengan Media Buku Saku pada Pembelajaran Sistem Saraf di SMA.


Panca Sulistiyo Kurniawati , 4401406034 (2010) Number Heads Together dengan Media Buku Saku pada Pembelajaran Sistem Saraf di SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Number Heads Together dengan Media Buku Saku pada Pembelajaran Sistem Saraf di SMA.]
Preview
PDF (Number Heads Together dengan Media Buku Saku pada Pembelajaran Sistem Saraf di SMA.) - Published Version
Download (65MB) | Preview

Abstract

Number Heads Together merupakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kerja sama antar siswa dan memungkinkan seluruh siswa benar-benar aktif dalam kegiatan pembelajaran. Buku saku bisa menjadi alternatif media yang cukup efektif dalam menerapkan model pembelajaran ini karena sifatnya yang praktis, mudah dibawa, dan dipelajari di manapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Number Heads Together dengan media buku saku lebih efektif secara signifikan pada pembelajaran Sistem Saraf dari pada metode ceramah dan diskusi sederhana. Rancangan penelitian ini menggunakan Control Group Post-Test Only Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Welahan semester genap tahun pelajaran 2009/2010, yang berjumlah 68 siswa. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling. Variabel bebas penelitian ini model pembelajaran Number Heads Together dengan media buku saku. Variabel terikat penelitian ini, yaitu: aktivitas siswa; hasil belajar siswa; tanggapan siswa dan guru. Masing-masing diukur dengan lembar observasi aktivitas siswa; LDS, tugas, tes; dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jumlah siswa aktif dan sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran pada pertemuan I, II, dan III berturut-turut adalah 77.14%, 85.71%, dan 82.86%; 100% siswa kelas eksperimen tuntas; rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada kelas kontrol, yaitu 87.83 > 81.93; tanggapan siswa sangat baik, sedangkan tanggapan guru baik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Number Heads Together dengan media buku saku pada pembelajaran Sistem Saraf lebih efektif secara signifikan dari pada metode ceramah dan diskusi sederhana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Number Heads Together, buku saku, sistem saraf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2011 02:47
Last Modified: 25 Apr 2015 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item