KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN BERNUANSA NUMBERED- HEADS-TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009 PADA MATERI SEGIEMPAT


Sofiyanti Nurulita , 4101405097 (2009) KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN BERNUANSA NUMBERED- HEADS-TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009 PADA MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN BERNUANSA NUMBERED- HEADS-TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009 PADA MATERI]
Preview
PDF (KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN BERNUANSA NUMBERED- HEADS-TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009 PADA MATERI) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan sistem yang menumbuhkan kemauan seorang pengajar untuk melakukan pengelolaan pengajaran secara keseluruhan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan guru adalah memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran bernuansa Numbered-Heads-Together (NHT) dan Problem Based Instruction (PBI) merupakan perpaduan penggunaan kedua model pembelajaran agar siswa dapat bekerjasama dengan kelompoknya, mendiskusikan suatu permasalahan, dan siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Apakah rata-rata hasil belajar siswa antara siswa yang dikenai pembelajaran dengan model pembelajaran bernuansa Numbered-Heads-Together (NHT) dan Problem Based Instruction (PBI) lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran ekspositori?, (2) Apakah rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik siswa antara siswa yang dikenai pembelajaran dengan model pembelajaran bernuansa Numbered- Heads-Together (NHT) dan Problem Based Instruction (PBI) lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran ekspositori?. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab kedua permasalahan yang telah dirumuskan diatas. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 29 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran bernuansa Numbered- Heads-Together (NHT) dan Problem Based Instruction (PBI) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dengan 2 aspek sebagai bahan penilaian yaitu hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematik. Tes ini dianalisis dengan uji t pihak kanan untuk menguji hipotesis penelitiannya. Pengujian hipotesis pertama dengan uji t diperoleh thitung = 1,73 dan ttabel = 1,667. Karena thitung = 1,73 > ttabel = 1,667 maka H0 ditolak. Pengujian hipotesis kedua diperoleh thitung = 2,984 dan ttabel = 1,667. Karena thitung = 2,984 > ttabel = 1,667 maka H0 ditolak. Jadi rata-rata hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Saran yang diberikan adalah model pembelajaran bernuansa Numbered- Heads-Together (NHT) dan Problem Based Instruction (PBI) perlu terus dikembangkan dan diterapkan pada materi pokok yang lain, dan model ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika terutama pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Bernuansa Numbered-Heads-Together (NHT) dan Problem Based Instruction (PBI), Hasil Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 01:09
Last Modified: 25 Apr 2015 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2595

Actions (login required)

View Item View Item