UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IS 2 SMA NEGERI 1 PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Rika Takhollimah , 3101405619 (2009) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IS 2 SMA NEGERI 1 PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IS 2 SMA NEGERI 1 PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
- Updated Version
Download (586kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh banyak tenaga pendidik saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selalu didominasi oleh guru. Dalam penyampaian materi, biasanya guru menggunakan metode ceramah, dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikannya dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Dengan demikian, suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga siswa menjadi pasif. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ bagaimana prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2008/ 2009 dengan menerapkan metode pembelajaran PAKEM ”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 1 Pulokulon kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2008/2009 dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM. Penulis menggunakan model penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktik pembelajaran (Zaenal Aqib, 2006: 19). Penelitian ini merupakan kegiatan pemecahan masalah yang terdiri dari empat komponen pokok yaitu: Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), Refleksi (Reflecting). Hubungan keempat komponen tersebut menunjukan kegiatan berkelanjutan berulang (siklus). Pada pelaksanaan siklus I diperoleh nilai tertinggi 8 sebanyak 5 siswa dan nilai terendah adalah 5 sebanyak 6 siswa. Rata-rata kelas yaitu 6,56. Pada siklus 1 prosentase ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa dengan pengertian bahwa peserta didik yang nilainya diatas atau sama dengan 6,5 sebanyak 23 siswa atau mencapai 58,88% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 16 siswa atau mencapai 40,96%. Pada siklus II diperoleh nilai tertinggi 9 sebanyak 1 siswa dan nilai terendah adalah 6 sebanyak 4 siswa. Rata-rata kelas yaitu 7,15 yaitu sudah mencapai diatas standar nilai yang telah ditentukan oleh sekolah yang menerapkan nilai ketuntasan belajar minimal 6,5. Pada siklus II prosentasi ketuntasan belajar sebanyak 35 siswa dengan pengertian bahwa peserta didik yang nilainya diatas atau sama dengan 6,5 sebanyak 35 siswa atau mencapai 89,60% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 4 siswa atau mencapai 10,24%. Berdasarkan pencapaian tersebut maka nilai peserta didik kelas XI IS 2 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan penelitian tindakan kelas XI IS 2 SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan, maka diajukan saran sebagai berikut: Di dalam pembelajaran sejarah guru harus lebih kreatif menggunakan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa, sehingga suasana kelas lebih menyenangkan dan siswa tidak lagi merasa bosan dengan mata pelajaran sejarah, Dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Karena model pembelajaran PAKEM merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa merasa senang dan prestasi belajarpun dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, PAKEM, Prestasi Belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2011 00:18 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2590 |
Actions (login required)
View Item |