ANALISA KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG TAHUN 2015


Mela Farestin Mahardika, 6101411218 (2016) ANALISA KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411218.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Mela Farestin Mahardika. 2016. Analisa Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sekolah Dasar SeKecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2015.Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.Pembimbing: Supriyono, S.Pd.,M.Or. Latar belakang penelitian ini adalah belum terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan jasamani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan jasamani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2015 dengan membandingkan kondisi riel dengan standar sarana prasarana yang harus dipenuhi. Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahu ikeadaan sarana dan pasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2015 dan (ii) Untuk mengetahui kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ditinjau dari jenis dan volume sarana dan prasarana yang harus dipenuhi Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Subah Kabupaten BatangTahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subyek yang di gunakan adalah Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2015 yang berjumlah 13 Sekolah Dasar. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan angket cek list. Data dijaring dari sumber data primer yakni informasi dari guru olahraga, keapala sekolah. Hasil penelitian ini adalah ketercapaian persentase ketersediaan sarana dan prasarana untuk tiap-tiap cabang olahraga baik atletik maupun permainan pada tiap-tiap SD Negeri se- Kecamatan Subah Kabupaten Batang tahun 2015 berbeda-beda. Pada cabang olahraga atletik, ketersediaan sarana dan prasarana termasuk dalam kategori kurang ideal. Sedang pada cabang olahraga permainan, termasuk dalam kategori cukup ideal. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah perlunya penambahan sarana dan prasarana olahraga cabang atletik dengan tetap mempertimbangkan tingkat kebutuhan, sehingga kualitas hasil pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dapat lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisa Kebutuhan, Saranadan Prasarana, Penjas Orkes
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 38257 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 12:35
Last Modified: 20 Feb 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25896

Actions (login required)

View Item View Item