PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MEDIA LAGU SISWA KELAS X MA SALAFIYAH KARANG TENGAH KABUPATEN PEMALANG

Amnah Falestina, 2101405635 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MEDIA LAGU SISWA KELAS X MA SALAFIYAH KARANG TENGAH KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MEDIA LAGU SISWA KELAS X MA SALAFIYAH KARANG TENGAH KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (1460Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-A MA Salafiyah Karang Tengah masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen disebabkan oleh dua faktor. Pertama, yaitu faktor siswa. Siswa kurang minat terhadap pembelajaran menulis cerpen. Kedua, yaitu faktor guru. Guru kurang kreatif dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran. Meneropong keadaan yang demikian, peneliti merasa tertantang untuk mendapatkan jalan keluar permasalahan itu. Salah satu upaya untuk dapat peneliti lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-A MA Salafiyah Karang Tengah Kabupaten Pemalang, yaitu dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi media lagu. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini mengkaji dua masalah, yaitu (1) seberapa besar peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode sugestiimajinasi media lagu siswa kelas X-A MA Salafiyah Karang Tengah Kabupaten Pemalang, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X-A MA Salafiyah Karang Tengah Kabupaten Pemalang setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui metode sugesti – imajinasi media lagu. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode sugesti-imajinasi media lagu siswa kelas X-A MA Salafiyah Karang Tengah Kabupaten Pemalang, (2) mendesripsikan perubahan perilaku siswa kelas X-A MA Salafiyah Karang Tengah Kabupaten Pemalang setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui metode sugesti – imajinasi media lagu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen melalui metode sugesti-imajinasi media lagu. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis cerpen dan metode sugesti-imajinasi media lagu. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis cerpen. Dan untuk teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, angket check list, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui metode sugesti-imajinasi media lagu, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X-A MA Salafiyah Karang Tengah menunjukkan adanya peningkatan. Nilai rata-rata tes menulis cerpen prasiklus sebesar 63,36 mengalami peningkatan sebesar 1,8 poin menjadi 65,16. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,4. Setelah menggunakan metode sugesti-imajinasi media lagu juga terjadi perubahan perilaku siswa. Siswa yang sebelumnya kurang bersemangat terhadap pembelajaran menulis menjadi lebih bersemangat, setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui metode sugesti-imajinasi media lagu. Selanjutnya, dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan metode sugesti-imajinasi media lagu pada pembelajaran menulis cerpen. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian yang sama dengan metode pembelajaran yang berbeda.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis cerpen, metode sugesti-imajinasi, media lagu
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 24 May 2011 04:23
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:52

    Actions (login required)

    View Item