GAMBARAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JAMBON KABUPATEN PONOROGO


Lilis Nurhidayati, 6411411088 (2016) GAMBARAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JAMBON KABUPATEN PONOROGO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Upaya pemeliharaan kesehatan penyandang cacat harus ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial, ekonomis, dan bermartabat. Pemerintah wajib menjamin ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan memfasilitasi penyandang cacat untuk tetap hidup mandiri dan produktif secara sosial dan ekonomis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan informan secara purposive sampling. Informan penelitian yaitu Nutrision Puskesmas Jambon, Petugas Puskesmas Pembantu, Pengurus Rumah Kasih Sayang, Kader Sosial, Kepala Geksi Gizi Dinas Kesehatan Ponorogo, dan Keluarga penyandang disabilitas intelektual dari desa Krebet dan desa Sidoharjo. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dilanjutkan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas intelektual di wilayah kerja Puskesmas Jambon, diketahui bahwa selama ini masih belum maksimal. Masih terdapat perbedaan pelayanan kesehatan yang diterima antara penyandang disabilitas intelektual di desa Sidoharjo dengan desa Krebet. Saran yang diberikan yaitu Puskesmas Jambon dan Rumah Kasih Sayang agar melakukan kerjasama dengan pihak lain serta meningkatkan etos kerja SDM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gambaran, Pelayanan Kesehatan, Disabilitas Intelektual
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 38256 not found.
Date Deposited: 04 May 2017 11:48
Last Modified: 04 May 2017 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25814

Actions (login required)

View Item View Item