PERBANDINGAN SMASH SEMI MENGGUNAKAN AWALAN DAN TANPA AWALAN TERHADAP HASIL SMASH SEMI DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMA RONGGOLAWE SEMARANG TAHUN 2008

HEVI PURBOWO , 6301405095 (2008) PERBANDINGAN SMASH SEMI MENGGUNAKAN AWALAN DAN TANPA AWALAN TERHADAP HASIL SMASH SEMI DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMA RONGGOLAWE SEMARANG TAHUN 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERBANDINGAN SMASH SEMI MENGGUNAKAN AWALAN DAN TANPA AWALAN TERHADAP HASIL SMASH SEMI DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMA RONGGOLAWE SEMARANG TAHUN 2008) - Published Version
Download (637Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah membandingkan smash semi menggunakan awalan dan tanpa awalan terhadap hasil smash semi dalam permainan bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Ronggolawe Semarang tahun 2008 dan mana yang lebih baik smash semi menggunakan awalan dan tanpa awalan dalam pelaksanaan smash semi dalam permainan bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Ronggolawe Semarang tahun 2008 ?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan smash semi menggunakan awalan dan tanpa awalan terhadap hasil smash semi dalam permainan bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Ronggolawe Semarang tahun 2008. Mengetahui bentuk pelaksanaan yang lebih baik antara smash semi menggunakan awalan dan tanpa awalan terhadap hasil smash semi dalam permainan bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Ronggolawe Semarang tahun 2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah subjek 20 orang siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler di SMA Ronggolawe tahun 2008. Sedangkan instrumen tes menggunakan tes smash dari Robert E. Laveage dengan validitas : 0,828 dan reliabilitas 0,906. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dan data hasil tes dihitung dengan menggunakan rumus uji t. Dari hasil penghitungan statistik tersebut diperoleh mean dari smash semi menggunakan sebesar 58.20 dan mean dari smash semi tanpa awalan sebesar 52.15 sehingga smash semi menggunakan awalan lebih baik dibandingkan dengan tanpa awalan. Nilai t hitung : 4, 93, dengan taraf signifikasi 5 % dan db 19, nilai t tabel : 2.093, jadi nilai t hitung lebih besar dari t tabel, maka analisa data dapat diperoleh 4.93>2.093, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitiaan ini adalah ada perbandingan antara smash semi menggunakan awalan dengan smash semi tanpa awalan terhadap hasil smash semi dalam permainan bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Ronggolawe Semarang tahun 2008, dan Smash semi dengan menggunakan awalan lebih baik dibanding smash semi tanpa awalan terhadap hasil smash semi dalam permainan bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Ronggolawe Semarang tahun 2008. Saran penelitian ini adalah untuk pemain bolavoli SMA Ronggolawe hendaknya dapat menguasai teknik smash semi dengan menggunakan awalan dengan baik dalam permainan bolavoli, tanpa mengabaikan smash semi tanpa awalan sebagai variasi dalam permainan. Untuk para peneliti lain di Fakulatas Ilmu Keolahragaan UNNES dalam penelitian yang sejenis dapat di gunakan sebagai bahan pembanding.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: bolavoli, smash
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 24 May 2011 03:54
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:52

    Actions (login required)

    View Item