PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI MODEL CONSEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII B MTs TARBIYATUL ISLAMIYAH JAKENAN KABUPATEN PATI


Bambang Siswanto , 2101405706 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI MODEL CONSEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII B MTs TARBIYATUL ISLAMIYAH JAKENAN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI MODEL CONSEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII B MTs TARBIYATUL ISLAMIYAH JAKENAN KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI MODEL CONSEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII B MTs TARBIYATUL ISLAMIYAH JAKENAN KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita siswa MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Kabupaten Pati masih kurang. Hal ini disebabkan oleh faktor ketidaktepatan pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan sehingga ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran tersebut. Faktor lain yang berasal dari siswa adalah kurangnya motivasi untuk menulis teks berita karena ada anggapan bahwa menulis teks berita adalah kegiatan yang sulit. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII B MTs Tarbiyatul Islamiyah Kabupaten Pati setelah mengikuti pembelajaran dengan model consept sentence dan (2) perubahan tingkah laku siswa setelah pembelajaran menulis teks berita dilaksanakan dengan model consept sentence. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran consept sentence, dan (2) perubahan tingkah laku pada siswa. Penelitian ini mempunyai manfaat teoretis dan praktis. Manfaat teoretis penelitian ini adalah menambah khasanah pengetahuan tentang menulis teks berita dan mengembangkan teori pembelajaran menulis teks berita melalui pembelajaran dengan model consept sentence, manfaat bagi guru adalah memberikan alternatif pemilihan model pembelajaran menulis teks berita khususnya dalam menerapkan pembelajaran dengan model consept sentence, sedangkan bagi siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII B MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Kabupaten Pati. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita dan model pembelajaran consept sentence. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing-masing siklus kemudian dibandingkan yaitu antara hasil siklus I dengan hasil siklus II. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai persentase peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan model pembelajaran consept sentence, sedangkan teknik nontes yang digunakan adalah melalui observasi, jurnal, wawancara, sosiometri dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis teks berita pada siklus I dan II. Keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII B MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Kabupaten Pati meningkat setelah menggunakan model pembelajaran consept sentence sebesar 22,42%. Rata-rata skor pada siklus I menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata skor pada prasiklus 66,22 menjadi 72,31. Rata-rata skor yang dicapai pada siklus II sebesar 81,07, ini menunjukan peningkatan sebesar 9,72% dari prasiklus ke siklus I, 11,57% dari siklus I ke siklus II, dan 22,42% dari siklus prasiklus ke siklus II. Perubahan tingkah laku yang tampak dalam pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran consept sentence yaitu siswa merasa senang, lebih bersemangat, aktif, dan lebih mandiri dalam mengerjakan tugasnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran consept sentence dalam kegiatan menulis teks berita. Kemudian, siswa supaya mengikuti pembelajaran dengan baik dan berlatih menulis khususnya teks berita. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, teks berita, dan model pembelajaran consept sentence.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 07:41
Last Modified: 25 Apr 2015 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2579

Actions (login required)

View Item View Item