FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN GO PUBLIC PESERTA PROPER


Auliyana Adita Fatma, 7211412089 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN GO PUBLIC PESERTA PROPER. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211412089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat menuntut perusahaan untuk tidak sekedar berorientasi pada laba yang akan dihasilkan. Perkembangan tersebut merubah cara pandang perusahaan untuk lebih berorientasi pada pemangku kepentingan. Melaksanakan tanggung jawab sosial dan melaporkannya merupakan salah satu strategi perusahaan untuk dapat mengikuti perkembangan bisnis dan ikut serta pada kompetisi bisnis agar perusahaan tetap going concern dan dapat diterima oleh masyarakat. Pengungkapan sosial dan lingkungan perusahaan merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap para stakeholdernya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial, efektivitas pengawasan, dan biaya sosial terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan perusahaan dengan kinerja lingkungan diposisikan sebagai variabel intervening. Populasi penelitian, yaitu perusahaan go public yang ikut serta pada program PROPER tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 165 sampel. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur dengan menggunakan software AMOS versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan manajerial dan efektivitas pengawasan tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan sedangkan biaya sosial dapat berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Kepemilikan manajerial, biaya sosial, dan kinerja lingkungan secara signifikan mampu mempengaruhi pengungkapan sosial dan lingkungan yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa kinerja lingkungan tidak bisa memperkuat pengaruh biaya sosial terhadap pengungkapan sosial lingkungan secara signifikan. Pemerintah hendaknya membuat peraturan yang mewajibkan perusahaan untuk ikut serta pada program PROPER. Hal ini karena keikutsertaan pada program ini masih bersifat sukarela sehingga masih terdapat kasus pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Sosial dan Lingkungan Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Efektivitas Pengawasan, Biaya Sosial, dan Kinerja Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 38254 not found.
Date Deposited: 04 May 2017 11:19
Last Modified: 04 May 2017 11:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25773

Actions (login required)

View Item View Item