“PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMKN KATEGORI MANDIRI (SMKN-SKM) DAN SMKN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SMKN-RSBI) KHUSUS PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TEKNIK BANGUNAN SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2008-2009”.
Kholil Munawar , 5101402006 (2009) “PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMKN KATEGORI MANDIRI (SMKN-SKM) DAN SMKN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SMKN-RSBI) KHUSUS PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TEKNIK BANGUNAN SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2008-2009”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (“PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMKN KATEGORI MANDIRI (SMKN-SKM) DAN SMKN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SMKN-RSBI) KHUSUS PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TEKNIK BANGUNAN SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN )
- Published Version
Download (803kB) | Preview |
Abstract
Supervisi merupakan salah satu standar kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Kurang optimalnya upaya dari kepala sekolah dalam melaksanakan proses supervisi berpengaruh terhadap guru dalam hal profesionalisme. Disamping pandangan guru terhadap supervisi kepala sekolah juga belum seluruhnya ditanggapi secara serius. Padahal untuk menjadi pendidik yang profesional bukanlah hal yang gampang seperti membalikkan telapak tangan, tetapi diperlukan proses yang sistematis, berkesinambungan dan konsisten dari pendidik itu sendiri dan pengambil kebijakan. Dengan demikian pengembangan kompetensi profesional guru merupakan suatu keharusan agar kualitas pendidikan semakin dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan serta besarnya pengaruh antara supervisi kepala sekolah di SMKN kategori mandiri dan SMKN rintisan sekolah bertaraf internasional khusus program keahlian teknik bangunan terhadap kompetensi profesional guru teknik bangunan se-kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru program keahlian teknik bangunan se-kota Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 13 guru SMKN kategori mandiri (SMKN-SKM) dan 21 guru SMKN rintisan sekolah bertaraf internasional (SMKN-RSBI). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik perhitungan nomogram menurut Harry King dengan taraf kesalahan 9 % dan penarikan sampel secara berlapis (stratified sampling). Data penelitian dikumpulkan dengan metode angket dan observasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan perhitungan analisis regresi diperoleh Fhitung = 8,72 > Ftabel = 4,84 (di SMKN-SKM) dan Fhitung = 14,94 > Ftabel = 4,38 (di SMKN-RSBI). Maka data tersebut signifikan sehingga hipotesis yang diuji dalam penelitian ini yaitu “Ada pengaruh supervisi kepala sekolah di SMKN kategori mandiri dan SMKN rintisan sekolah bertaraf internasional khusus program keahlian teknik bangunan terhadap kompetensi profesional guru teknik bangunan se-kota Semarang tahun ajaran 2008-2009”diterima. Dengan besarnya pengaruh 44,23 % (di SMKN-SKM) dan 44,01 % (di SMKN-RSBI). Saran kepada kepala sekolah di SMKN kategori mandiri dan SMKN rintisan sekolah bertaraf internasional khusus program keahlian teknik bangunan hendaknya lebih mengoptimalkan pelaksanaan supervisi dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional guru di program keahlian teknik bangunan. Bagi guru teknik bangunan, hendaknya lebih bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan memberikan perhatian, dukungan dan keaktifan untuk mencapai tujuan supervisi yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala sekolah, supervisi, guru, kompetensi profesional. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2011 07:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2577 |
Actions (login required)
View Item |