PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 REMBANG DALAM MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR


Elmi Ayuningtyas , 4101405556 (2009) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 REMBANG DALAM MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 REMBANG DALAM MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 REMBANG DALAM MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR) - Published Version
Download (753kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak sehingga banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika sehingga hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Oleh karena itu guru perlu menerapkan model-model pembelajaran yang lebih menarik. Selain itu materi yang abstrak perlu dukungan media yang mampu mengkonkretkan materi dan menarik peserta didik untuk mempelajarinya. Penggunaan alat peraga dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran dapat digunakan sebagai jembatan guna mengatasi kesulitan mempelajari matematika khususnya pada materi pokok bangun ruang sisi datar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga dan LKS terhadap hasil belajar peserta didik lebih baik daripada pembelajaran konvensional berbantuan alat peraga dan LKS terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi pokok bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga dan LKS terhadap hasil belajar peserta didik lebih baik daripada pembelajaran konvensional berbantuan alat peraga dan LKS terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi pokok bangun ruang sisi datar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Rembang tahun pelajaran 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga dan LKS dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional berbantuan alat peraga dan LKS. Untuk memperoleh data awal digunakan metode dokumentasi yaitu mengambil data nilai ulangan akhir semester I, sedangkan data akhir diperoleh dari tes akhir yang berupa soal pilihan ganda dan uraian. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perhitungan uji perbedaan rata-rata diperoleh dari hasil uji t yaitu = 2,1767 dan = 1,9893. Karena berarti H0 ditolak. Jadi pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga dan LKS terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 3 Rembang lebih baik daripada pembelajaran konvensional berbantuan alat peraga dan LKS terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi pokok bangun ruang sisi datar. Dalam penelitian ini diajukan saran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dikembangkan untuk diterapkan pada materi pokok matematika lainnya dan diharapkan peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, alat peraga, LKS, bangun ruang sisi datar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 06:58
Last Modified: 25 Apr 2015 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item View Item