FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI MELAKUKAN TAX EVASION (Studi Empiris pada WP OP di Kabupaten Purbalingga)


Iis Sulistiani, 7211412050 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI MELAKUKAN TAX EVASION (Studi Empiris pada WP OP di Kabupaten Purbalingga). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211412050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tax evasion (penggelapan pajak) merupakan suatu wujud perilaku ketidakpatuhan wajib pajak kepada peraturan perundang-undangan perpajakan, hal itu dilakukan dengan tujuan untuk menghindari pembayaran pajak yang terutang. Penelitian ini berdasarkan teori atribusi, theory of planned behavior, teori etika, dan teori keadilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap ketidakpatuhan, keadilan pajak, pelayanan aparat pajak, pemahaman perpajakan, diskriminasi pajak, sistem perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap tindakan tax evasion. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang menjadi anggota DPRD di Kabupaten Purbalingga. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling diperoleh sebanyak 44 responden. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) Path Modelling dengan alat analisis SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap ketidakpatuhan dan sanksi perpajakan mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap tindakan tax evasion. Keadilan pajak dan pemahaman perpajakan memiliki hubungan negatif dan signifikan terhadap tindakan tax evasion. Variababel pelayanan aparat pajak, diskriminasi pajak, dan sistem perpajakan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap tindakan tax evasion. Berdasarkan penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa sikap ketidakpatuhan dan sanksi perpajakan mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap tindakan tax evasion. Keadilan pajak dan pemahaman perpajakan memiliki hubungan negatif dan signifikan terhadap tindakan tax evasion. Variababel pelayanan aparat pajak, diskriminasi pajak, dan sistem perpajakan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap tindakan tax evasion. Peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan variabel, dan jumlah sampel agar dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tax evasion secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tax Evasion, Sikap Ketidakpatuhan, Keadilan Pajak, Pelayanan Aparat Pajak, Pemahaman Perpajakan, Diskriminasi Pajak, Sistem Perpajakan, Sanksi Perpajakan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 38254 not found.
Date Deposited: 04 May 2017 11:26
Last Modified: 04 May 2017 11:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25699

Actions (login required)

View Item View Item