ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERSONAL AUDITOR TERHADAP PENERIMAAN PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDIT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang)

Deva Laksmi Dian Grahita, 7211412028 (2016) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERSONAL AUDITOR TERHADAP PENERIMAAN PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDIT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1776Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik personal auditor seperti locus of control eksternal, turnover intention, dan komitmen organisasi terhadap perilaku disfungsional audit. Perilaku disfungsional audit merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh seorang auditor pada pelaksanaan program audit dalam bentuk manipulasi, kecurangan, ataupun penyimpangan terhadap standar audit. Perilaku ini dapat menyebabkan penurunan kualitas audit yang akan berdampak pada kepercayaan pengguna laporan audit tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh Auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Semarang dengan jumlah auditor sebanyak 259 orang. Teknik pengambilan sampel adalah convinience sampling dengan jumlah sampel yang harus terpenuhi sebanyak 62 auditor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel locus of control eksternal dan turnover intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku disfungsional audit. Sedangkan variabel komitmen organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku disfungsional audit. Kemudian nilai dari Adjusted R Square sebesar 52,9%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa locus of control eksternal, turnover intention, dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap perilaku disfungsional audit. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu KAP seharusnya menekankan pada semua personel auditor untuk bekerja profesional dengan memberikan prioritas yang tinggi dalam evaluasi kinerja, kompensasi, promosi dan keputusan untuk mempertahankan pegawai. Auditor hendaknya memahami secara benar kode etik profesi yang terdiri dari prinsip-prinsip etika dan prinsip prinsip akuntansi yang ada. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian di bulan Agustus - November.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Perilaku Disfungsional Audi; dan Karakteristik Personal Auditor.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: pkl1 tik 2017
    Date Deposited: 03 Mar 2017 06:08
    Last Modified: 03 Mar 2017 06:08

    Actions (login required)

    View Item