Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009


Laela Istiqomah, 4101405604 (2009) Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009]
Preview
PDF (Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Salah satu yang harus ditumbuh kembangkan dalam pembelajaran matematika adalah minat dan motivasi belajar siswa, karena minat dan motivasi belajar mempunyai peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui adakah pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri yang ada di Kabupaten Jepara, dengan jumlah SMP Negeri sebanyak 26. Pada penelitian ini sampel diambil dari populasi dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu peneliti mengambilan sampelnya berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan. Jumlah sampel adalah 60 siswa, yang terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Untuk analisis data akhir menggunakan Regresi Linier ganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan estimasi regresi linier ganda untuk semua siswa adalah Ŷ = 5,04 + 0,35 X1 + 0,72 X2 dengan koefisien korelasi parsial ry12 sebesar 0,292, menunjukkan adanya hubungan antara minat siswa terhadap hasil belajar matematika. Nilai koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa hubungan antara minat dan hasil belajar searah. Koefisien korelasi parsial ry21 sebesar 0,293, ini menunjukkan adanya hubungan antara motivasi siswa dengan hasil belajar matematika. Nilai koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa hubungan antara minat dan hasil belajar searah.Setelah koefisien korelasi parsial diuji keberartiannya, ternyata kedua koefisien berati, artinya hubungan antara minat siswa dengan hasil belajar matematika jika motivasi tetap adalah signifikan. Persamaan estimasi untuk siswa laki-laki adalah Ŷ = 11,132+ 0,22 X1 + 0,68X2, sedangkan persamaan estimasi untuk siswa perempuan Ŷ = -39,19+ 0,79X1 + 1,02X2. Dari perhitungan untuk siswa laki-laki dan perempuan juga dapat dilihat bahwa nilai koefisien determinasi, nilai ini menunjukkan besarnya pengaruh antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Untuk siswa laki-laki besarnya koefisien determinasi sebesar R2 = 0,145 atau senilai dengan 14,5% sedangkan untuk siswa perempuan besarnya koofisien determinasi R2 = 0,191 atau senilai dengan 19,1%, ini jelas terlihat bahwa minat dan motivasi belajar lebih besar pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika pada siswa perempuan dibandingkan pada siswa laki-laki. Oleh karena itu disarankan, agar menumbuh kembangkan minat belajar dan motivasi belajar siswa demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 May 2011 06:30
Last Modified: 25 Apr 2015 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item View Item