Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sosiologi yang Menggunakan Model Pembelajaran Word Square dengan Model Pembelajaran Ceramah di SMA Negeri 1 Tayu.


Aktwo Riana Rositasari , 3501406034 (2011) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sosiologi yang Menggunakan Model Pembelajaran Word Square dengan Model Pembelajaran Ceramah di SMA Negeri 1 Tayu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sosiologi yang Menggunakan Model Pembelajaran Word Square dengan Model Pembelajaran Ceramah di SMA Negeri 1 Tayu.]
Preview
PDF (Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sosiologi yang Menggunakan Model Pembelajaran Word Square dengan Model Pembelajaran Ceramah di SMA Negeri 1 Tayu.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Sosiologi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tayu terdapat permasalahan berkaitan dengan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa cenderung pasif di kelas. Kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah ini kurang menarik perhatian siswa terhadap pelajaran yang diterima. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal. Salah satu alternatif untuk mendorong siswa agar hasil belajarnya menjadi lebih baik adalah penerapan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi yang menggunakan model pembelajaran Word Square. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi yang menggunakan model pembelajaran ceramah. (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sosiologi yang menggunakan Model Pembelajaran Word Square dengan model pembelajaran ceramah di SMA Negeri 1 Tayu. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS-2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS-1 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing siswa tiap kelas 37 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu dalam pengambilan kelompok sampel dilakukan secara acak dipilih dua kelas sebagai sampel. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Word Square dan model pembelajaran ceramah sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: tes dan dokumen. Analisis data yang digunakan uji normalitas data nilai akhir dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan, dari uji t diperoleh 2,414 > sebesar 1,67, sehingga hipotesis diterima. Ini berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Word Square dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Hasil rata-rata kelompok eksperimen sebesar 78,23 lebih besar daripada kelompok kontrol sebesar 74,02, hal ini berarti hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol. Dari hasil rata-rata angket tanggapan siswa menunjukkan bahwa tanggapan para siswa terhadap model pembelajaran Word Square adalah baik. Hal ini berarti siswa menyukai proses pembelajaran pada kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Word Square dalam proses pembelajarannya. Pada penelitian ini peneliti menyarankan: (1) Kepada guru mata pelajaran Sosiologi hendaknya menguasai model pembelajaran Word Square, sehingga dengan penerapan model pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran siswa akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik. (2) Bagi siswa hendaknya lebih memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar Sosiologi baik di perpustakaan sekolah maupun menggunakan media lain (misalnya surat kabar dan internet), karena sumber informasi yang aktual mengenai mata pelajaran Sosiologi terdapat di berbagai literatur perpustakaan dan di berbagai media baik media cetak maupun elektronik. Hal ini sebagai bahan penunjang materi Sosiologi selain dari guru, yang nantinya diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan wawasan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Word Square, Model Pembelajaran Ceramah, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 May 2011 03:48
Last Modified: 25 Apr 2015 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item