ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF MELALUI MODEL SSCS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII SKRIPSI


Irwan Fauzan Khakim , 4101412191 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF MELALUI MODEL SSCS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412191.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Khakim, I.F. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif melalui Model SSCS dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VIII. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Prof. Dr. St. Budi Waluya, M.Si. dan Pembimbing Pendamping Dra. Kristina Wijayanti, M.S. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, SSCS, Pendekatan Saintifik Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah. Pemecahan masalah matematika merupakan aspek penting, namun pada kenyataannya siswa sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika di SMP Negeri 21 Semarang. Hasil tes awal yang dilakukan peneliti pada salah satu kelas juga menunjukkan rata-rata kemampuan siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model SSCS dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif melalui model SSCS dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan strategi triangulasi konkuren. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi RPP, tes awal, GEFT, tes akhir, dan pedoman wawancara. Pada penelitian kuantitatif diambil sampel dari populasi yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pada penelitian kualitatif diambil subjek penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar, dan uji perbedaan rata-rata. Analisis data kualitatif menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model SSCS dengan pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII karena nilai siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran melalui model SSCS dengan pendekatan saintifik mencapai ketuntasan belajar klasikal dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran melalui model SSCS dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran dengan model ekspositori, (2) siswa dengan gaya kognitif FD cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, sedangkan siswa dengan gaya kognitif FI cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, SSCS, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 38258 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 12:28
Last Modified: 22 Feb 2017 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25642

Actions (login required)

View Item View Item