2016 Analisis Swot Video Pembelajaran “Menjadi Guru Paud Inovatif” Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di TK Nabila Yayasan Medina Semarang.


Nur Rizky Chodijah , 1102411100 (2016) 2016 Analisis Swot Video Pembelajaran “Menjadi Guru Paud Inovatif” Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di TK Nabila Yayasan Medina Semarang. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, dan menganalisis: 1) kelayakan video “Menjadi Guru PAUD Inovatif” menggunakan analisis SWOT; dan 2) dan pemanfaatan video “Menjadi Guru PAUD Inovatif” menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT ada]
Preview
PDF (Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, dan menganalisis: 1) kelayakan video “Menjadi Guru PAUD Inovatif” menggunakan analisis SWOT; dan 2) dan pemanfaatan video “Menjadi Guru PAUD Inovatif” menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT ada)
Download (2MB) | Preview
Official URL: unnes

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, dan menganalisis: 1) kelayakan video “Menjadi Guru PAUD Inovatif” menggunakan analisis SWOT; dan 2) dan pemanfaatan video “Menjadi Guru PAUD Inovatif” menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah suatu proses identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Oppotunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Dalam perspektif penelitian ini adalah penggunaan analisis SWOT untuk video “Menjadi Guru PAUD Inovatif”. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis menggunakan diagram matriks SWOT. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) berdasarkan hasil analisis SWOT tersebut peneliti menyimpulkan bahwa video ini memiliki banyak kelebihan daripada kelemahannya serta peluang dan ancaman yang dapat dimaksimalkan melalui strategi analisis SWOT, 2) berdasarkan hasil analisis kelayakan yang didasari melalui analisis SWOT, peneliti menyimpulkan bahwa video ini sangat direkomendasikan atau layak dimanfaatkan oleh guru TK Nabila Yayasan Medina Semarang sebagai bahan suplemen atau stimulus dalam rangka peningkatan diri kompetensi pedagogik. Saran : 1) bagi seluruh guru di TK Nabila Yayasan Medina Semarang agar dapat memanfaatkan media video pembelajaran secara optimal dan dapat mengaplikasikan contoh yang ada dalam video dalam kegiatan pembelajaran serta para guru untuk terus bereksplorasi mencari bahan peningkatan kompetensi guru tidak hanya melalui video pembelajaran, 2) video ini sangat cocok untuk disebarluaskan ke seluruh sekolah pendidikan anak usia dini di Indonesia, agar setiap guru PAUD dapat memanfaatkan video pembelajaran ini untuk peningkatan kualitas kompetensi pedagogik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisi SWOT, video, kompetensi pedagogik, guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 37576 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 14:51
Last Modified: 20 Feb 2017 14:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25600

Actions (login required)

View Item View Item