APLIKASI METODE DEMONSTRASI DAN DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI SD N 01 DUKUH SALAM SLAWI KABUPATEN TEGAL

Ellentia Rezaliana, 2501412018 (2016) APLIKASI METODE DEMONSTRASI DAN DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI SD N 01 DUKUH SALAM SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (6Mb)

    Abstract

    Kegitan Ekstrakurikuler Drum band memiliki manfaat yang baik untuk siswa dan juga digemari oleh siswa. Ekstrakurikuler Drum Band di SD Negeri 01 Dukuh Salam telah mencapai prestasi yang meningkat dalam kurun waktu satu tahun dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Drill pada kegiatannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di SD Negeri 01 Dukuh Salam Slawi yang menggunakan Aplikasi metode Demonstrasi dan Drill yaitu pembelajaran dengan menerapkan cara-cara dengan menirukan guru yang memberi contoh terlebih dahulu, sedangkan siswa mengamati sebelum mempraktekkan dan dilakukan secara bertahap dan berulang-ulang dengan pengawasan pelatih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data-data yang diperoleh akan dinyatakan sebagaimana adanya atau naturalistik. Penelitian ini bersifat kualitatif. Bersifat kualitatif karena prosedur pemecahan masalah dilakukan dengan cara menganalisa, menggambarkan, keadaan objek, dengan menggunakan pendekatan metode pembelajaran yang digunakan oleh pelatih. Teknik mengambil data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dataData yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. (wawancara, dokumentasi). Tenik analisis data dilakukan secara kualitatif (Reduksi, penyajian, simpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan yang ada dilapangan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan metode yang digunakan oleh pelatih. Metode yang digunkan pelatih adalah mengaplikasikan kedua metode Demonstrasi dan Drill menjadi satu dimana pelatih mencontohkan terlebih dahulu bagaimana memainkan alat musik Drum Band dan ditirukan oleh siswa kemudian dimainkan secara terus menerus dan bertahap sesuai pengawasan pelatih contonya dengan menggunakan alat musik perkusi dalam drum band yaitu snare drum, bass drum, kuarto tom-tom, dan cymbal serta alat musik melodi dalam drum band yaitu pianika dan bellyra. Dengan metode yang diberikan pelatih, siswa mampu bermain Drum Band secara baik menjadi pribadi yang disiplin dan lebih antusias pada saat mengikuti kegiatan latihan Drum Band di SD N 01 Dukuh Salam. Saran dari peneliti dalam kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band SD N 01 Dukuh Salam diharapkan pelatih dapat menciptakan suasana yang kondusif tetapi tetap terasa menyenangkan karena anak-anak cenderung mudah bosan dan jenuh.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aplikasi metode pembelajaran, Metode Demonstrasi dan Drill, Ekstrakulikuler Drum Band.
    Subjects: M Music and Books on Music > M Music
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: pkl8 tik 2017
    Date Deposited: 16 Mar 2017 09:42
    Last Modified: 16 Mar 2017 09:42

    Actions (login required)

    View Item