DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA SURAKARTA TERHADAP KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR KLITHIKAN NOTOHARJO SURAKARTA


PITRI ASTUTI, 3301411156 (2016) DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA SURAKARTA TERHADAP KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR KLITHIKAN NOTOHARJO SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301411156.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebijakan Pemda Surakarta terhadap PKL di Pasar Klithikan Notoharjo, dampak kebijakan Pemerintah Kota Surakarta terhadap kewirausahaan PKL Pasar Klithikan Notoharjo Surakarta, dan bentuk survival strategi PKL setelah adanya Kebijakan Pemkota di Pasar Klithikan Notoharjo Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) langkah yang dilakukan pemerintah untuk menata dan mengelola PKL di Pasar Klithikan Notoharjo Surakarta berupa relokasi, shelterisasi dan pembatasan jam berjualan. Bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh Pemkot berupa bantuan modal dan penyuluhan, 2)Kebijakan Pemkot Surakarta tersebut menimbulkan dampak positif bagi PKL, yaitu memberi kemanfaatan dalam hal etos kewirausahaan PKL, berupa cara PKL memanfaatkan waktu dengan baik untuk bekerja, motivasi pelaku, kreatifitas dan inovatif yang dilakukan PKL, sikap keyakinan agama, jujur dan prasojo, serta berani mengambil resiko, 3) Bagi PKL yang kurang menghargai Kebijakan Pemkot Surakarta. PKL merasa pendapatannya berkurang. Sehingga, terbentuknya sebuah strategi survival yang dilakukan oleh PKL di Pasar Klithikan agar tetap bertahan hidup, dengan cara: a) Consciousness ware, ditempuh PKL dengan cara melanggar peraturan pemkot yaitu menyewakan shelter pemberian pemkot, b) strategi aktif, ditempuh PKL dengan cara menambah jam kerja dan menyuruh istri ikut bekerja, c) strategi pasif ditempuh PKL dengan cara menekan pengeluaran, menerapkan hidup hemat, makan dengan lauk seadanya, dan menabung, d)strategi jaringan ditempuh PKL dengan cara menjalin hubungan sosial dengan tetangga, dengan cara pedagang meminjam uang ke pihak bank plecit dan koperasi.Saran penelitian PKL agar lebih meningkatkan kewaspadaan, dan lebih berhati-hati kepada pembeli agar tidak terjadi penipuan; 2)Perlunya sosialisai kepada PKL maupun masyarakat tentang pentingnya pelaksanaan pengelolaan PKL, tentang pelanggaran dan sanksi yang diberikan bagi PKL yang melanggar kebijakan pemkot, 3) Perlu meningkatkan keamanan pasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak Kebijakan, Kebijakan Pengelolaan PKL, Kewirausahaan, Survival Strategi, Pedagang Kaki Lima.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 38262 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2017 16:33
Last Modified: 16 Mar 2017 16:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25574

Actions (login required)

View Item View Item