ANALISIS KARAKTERISTIK TERMAL REAKTOR GELOMBANG MIKRO UNTUK PIROLISIS BERBAHAN BAKU LIMBAH SISA MAKANAN


Yanuar Adi Kurniawan , 5212412065 (2016) ANALISIS KARAKTERISTIK TERMAL REAKTOR GELOMBANG MIKRO UNTUK PIROLISIS BERBAHAN BAKU LIMBAH SISA MAKANAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5212412065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurniawan, Yanuar. 2016. Analisis Karakteristik Termal Reaktor Gelombang Mikro untuk Pirolisis Limbah Sisa Makanan. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Samsudin Anis S.T, M.T, Ph.D dan Dr. Wirawan Sumbodo, M.T. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu pemanasan dan daya terhadap karakteristik termal reaktor gelombang mikro. Kemudian juga untuk mengetahui pengaruh moisture content limbah sisa makanan terhadap karakteristik termal reaktor gelombang mikro. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Limbah sisa makanan dipanaskan atau dipirolisis menggunakan microwave selama 1 jam dengan daya microwave medium, medium high, dan high. Data kenaikan temperatur reaktor dan besar daya microwave dicatat per menit sebagai data perhitungan karakteristik termal. Hasil perhitungan karakteristik termal ditabulasi dan dijelaskan dalam grafik. Terdapat dua variasi limbah sisa makanan yang menjadi pembanding analisa yakni limbah sisa makanan kering (11% moisture) dan limbah sisa makanan basah (24% moisture). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang optimal didapatkan pada daya 418 W dimana temperatur tertinggi, laju pemanasan dan efisiensi termal reaktor diperoleh masing-masing sebesar 757 oC, 12,1 oC/menit, dan 53% untuk kasus limbah sisa makanan kering, sedangkan untuk limbah sisa makanan basah, masing-masing sebesar 522 oC, 8,2 Dengan begitu, hasil tersebut menunjukkan bahwa pirolisis limbah sisa makanan dengan menggunakan radiasi gelombang mikro memiliki karakteristik termal reaktor yang efektif baik untuk limbah sisa makanan kering ataupun limbah sisa makanan basah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Karakteristik termal, gelombang mikro, pirolisis, limbah sisa makanan, moisture content.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Users 38259 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 13:17
Last Modified: 20 Feb 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25554

Actions (login required)

View Item View Item