EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM GERAK DI SMP


Nurjanah Ayu Puspitaningtyas , 4401411096 (2016) EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM GERAK DI SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411096.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model Think Pair Share dengan strategi Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa di SMP pada materi Sistem Gerak. Desain eksperimennya Pre-Experiment Design. Populasi penelitian terdiri atas 8 kelas dengan 1 kelas sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII F sebagai kelas sampel diberi perlakuan dengan pembelajaran model Think Pair Share dengan strategi Mind Mapping. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa, afektif, psikomotorik dan data pendukung angket tanggapan siswa serta angket keterlaksanaan pembelajaran Think Pair Share dengan strategi Mind Mapping yang diukur menggunakan teknik tes dan non tes. Data hasil belajar kognitif yang diperoleh kemudian diukur menggunakan uji N-gain dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata uji N-gain yaitu 0,55 dengan kategori sedang. Hasil analisis ketuntasan klasikal kelas VIII F sebesar 76,92% dari seluruh siswa lulus KKM. Hasil belajar afektif dengan kategori sangat baik dan hasil belajar psikomotorik dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, Think Pair Share, sistem gerak, strategi Mind Mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 38265 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2017 13:06
Last Modified: 07 Apr 2017 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25514

Actions (login required)

View Item View Item