ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENDETEKSI KECURANGAN (FRAUD) DENGAN MODEL ASTIN I-E-0 (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI BEBERAPA UNIVERSITAS DI SEMARANG)

Eva Rosalia Ulfa , 7211412018 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENDETEKSI KECURANGAN (FRAUD) DENGAN MODEL ASTIN I-E-0 (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI BEBERAPA UNIVERSITAS DI SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1399Kb)

    Abstract

    Meningkatnya perekonomian Indonesia saat ini mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan jasa professional akuntan publik. Untuk dapat meningkatkan kinerjanya, seorang akuntan harus mempunyai pengalaman dan pengetahuan dalam pekerjaan auditnya. Oleh karena itu, perguruan tinggi negeri wajib membekali lulusan akuntansi mereka dengan pengetahuan yang memadai, kompetensi, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mendeteksi fraud pada mahasiswa jurusan Akuntansi di beberapa Universitas di Semarang. Ada empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, motivasi mahasiswa, prestasi akademik, keterlibatan perkuliahan Auditing, dan Kemampuan mendeteksi fraud. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu dalam bentuk kuesioner dengan skala likert 1 sampai 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 205 mahasiswa di beberapa Universitas di Kota Semarang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan AMOS 21 path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa berpengaruh terhadap keterlibatan perkuliahan Auditing, prestasi akademik tidak berpengaruh pada keterlibatan perkuliahan Auditing, keterlibatan perkuliahan Auditing berpengaruh pada kemampuan mendeteksi fraud, motivasi mahasiswa berpengaruh terhadap kemampuan mendeteksi fraud. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memodifikasi variabel-variabel yang digunakan sebagai input dalam penelitian ini serta menggunakan semua komponen student engagement pada variabel interveningnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mendeteksi Kecurangan, Prestasi Akademik, Motivasi Mahasiswa, Model Astin IEO, Student Involvement.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: pkl1 tik 2017
    Date Deposited: 22 Feb 2017 07:26
    Last Modified: 22 Feb 2017 07:26

    Actions (login required)

    View Item