ANALISIS MISKONSEPSI MATERI SISTEM REGULASI PADA SISWA KELAS XI SMA KOTA SEMARANG

Ana Nur Farihah , 4401411070 (2016) ANALISIS MISKONSEPSI MATERI SISTEM REGULASI PADA SISWA KELAS XI SMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb)

    Abstract

    Biologi merupakan salah satu cabang ilmu yang wajib dipelajari pada tingkat sekolah dasar maupun menengah di Indonesia karena memegang peranan penting dalam memecahkan permasalahan nyata dalam kehidupan. Pemberlakuan Ujian Nasional (UN) mengubah pola pembelajaran di sekolah yaitu siswa dimotivasi belajar agar mampu menjawab soal UN dengan cepat, sedangkan pemahaman konsep seringkali terabaikan (Sutiono, 2013). Akibatnya miskonsepsi diduga kuat banyak dialami oleh siswa. Miskonsepsi suatu konsep menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi juga untuk konsep pada tingkat berikutnya atau ketidakmampuan menghubungkan antarkonsep, sehingga tercipta rantai kesalahan konsep yang tidak terputus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil miskonsepsi materi sistem regulasi pada siswa kelas XI SMA Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis kuantitatif. Jenis penelitian yang yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di SMA N 2 Semarang, SMA N 3 Semarang, SMA N 7 Semarang, SMA N 12 Semarang, SMA Institut Indonesia Semarang, dan SMA Kesatrian 2 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Kota Semarang mengalami miskonsepsi materi sistem regulasi dengan kategori sedang (47,51%). Rata-rata siswa SMA kelompok atas, tengah, dan bawah mengalami miskonsepsi yang tinggi pada konsep fungsi sistem saraf, aplikasi sistem indera, dan fungsi sistem hormon. Penyebab miskonsepsi tersebut antara lain strategi pembelajaran guru kurang bermakna bagi siswa, sumber belajar yang kurang valid, dan cara belajar siswa yang cenderung menghafal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: analisis, materi sistem regulasi, miskonsepsi.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: pkl12 tik 2017
    Date Deposited: 22 Feb 2017 07:52
    Last Modified: 22 Feb 2017 07:52

    Actions (login required)

    View Item