EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM STARTER REDUKSI


Buyung Iman Taka , 5201411063 (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM STARTER REDUKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Buyung Iman Taka, 2016. Efektifitas Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Memahami dan Memelihara Sistem Starter Reduksi. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Negeri Semarang. Dr. Dwi Widjanarko, S.Pd., ST., MT. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui efektifitas pengunaan media video dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memahami dan memelihara sistem starter reduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola pretest dan posttest control design. Dengan menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Palapa Semarang semester ganjil 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan metode acak, kemudian diperoleh 2 kelas dengan cara acak, 1 kelas sebagai kelompok control yang berjumlah 40 siswa dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Kelompok kontrol akan memperoleh pembelajaran dengan metode ceramah, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media video pada kompetensi memahami dan memelihara sistem starter. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 60,725 meningkat menjadi 72,45 dengan peningkatan sebesar 0,299 yang termasuk dalam kategori “rendah”. Sedangkan pada kelompok eksperimen ratarata hasil belajar semula 62,357 meningkat menjadi 84,57, sehingga terjadi peningkatan sebesar 0.602 yang termasuk dalam kategori ”sedang”. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan media video lebih besar daripada selisih peningkatan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah (0,602 > 0,299), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video efektif dalam pembelajaran terutama pada kompetensi memahami dan memelihara sistem starter bila di bandingkan dengan metode ceramah pada siswa kelas XI TOKR SMK Palapa Semarang. Saran yang diberikan kepada guru supaya menggunakan media video pada saat pembelajaran sistem starter karena efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Video, Hasil Belajar, Sistem Starter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 38259 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 12:19
Last Modified: 04 Apr 2017 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25460

Actions (login required)

View Item View Item