PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBUAT KERANGKA TULISAN DENGAN MEDIA LIRIK LAGU SISWA KELAS X B SMA NEGERI I GODONG TAHUN PELAJARAN 2008/2009


Purwadyani Saputri , 2101405063 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBUAT KERANGKA TULISAN DENGAN MEDIA LIRIK LAGU SISWA KELAS X B SMA NEGERI I GODONG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBUAT KERANGKA TULISAN DENGAN MEDIA LIRIK LAGU SISWA KELAS X B SMA NEGERI I GODONG TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBUAT KERANGKA TULISAN DENGAN MEDIA LIRIK LAGU SISWA KELAS X B SMA NEGERI I GODONG TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan obervasi awal, diketahui bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X B SMA Negeri I Godong masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis cerpen disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal salah satunya berasal dari teknik dan media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terhadap masalah di atas melalui pembelajaran menulis dengan menggunakan teknik dan media baru, yaitu teknik membuat kerangka tulisan melalui media lirik lagu. Pemilihan teknik membuat kerangka tulisan melalui media lirik lagu berdasar kepada tuntutan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memberi kebebasan kepada guru untuk memilih teknik dan media yang beragam dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X B SMA Negeri I Godong setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan teknik membuat kerangka tulisan dengan media lirik lagu?, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X B SMA Negeri I Godong terhadap pembelajaran menulis cerpen menggunakan teknik membuat kerangka tulisan dengan media lirik lagu? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X B SMA Negeri I Godong setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan teknik membuat kerangka tulisan dengan media lirik lagu dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas XB SMA Negeri I Godong dalam pembelajaran menggunakan teknik membuat kerangka tulisan dengan media lirik lagu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat teoretis dan manfaat praktis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum pelaksanaan tindakan siklus I, peneliti melakukan tahap pratindakan yang berupa tes awal. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen siswa kelas X B SMA Negeri I Godong. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen dan teknik membuat kerangka tulisan dengan media lirik lagu. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. iii Instrumen tes yang digunakan adalah lembar tugas yang berisi perintah menulis cerpen, sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan teknik membuat kerangka tulisan dengan media lirik lagu sebesar 20,24%. Nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 64,52 dan mengalami peningkatan sebesar 7,7% menjadi 69,5 pada siklus I. Kemudian pada tindakan siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 11,62% menjadi 77,58. Setelah digunakan teknik membuat kerangka tulisan dengan media lirik lagu, terjadi perubahan perilaku belajar siswa ke arah positif. Siswa yang sebelumnya merasa malas dan kurang aktif, pada siklus II semakin aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan teknik kerangka tulisan dengan media lirik lagu sebagai alternatif pada pembelajaran menulis cerpen. Bagi siswa hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran menulis cerpen dengan semangat dan berperilaku positif sehingga siswa dapat mengekspresikan gagasan secara bebas dalam bentuk cerpen dengan baik dan menarik. Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian serupa dengan teknik dan media pembelajaran yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif media pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, teknik membuat kerangka tulisan, media lirik lagu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 01:18
Last Modified: 25 Apr 2015 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item