APLIKASI MEDIA LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH MANAJEMEN KONSTRUKSI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Ahmad Sultoni, 5101411037 (2016) APLIKASI MEDIA LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH MANAJEMEN KONSTRUKSI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen konstruksi adalah bagaimana sumber daya yang terlibat dalam proyek dapat diaplikasikan secara tepat. Sumber daya dalam proyek konstruksi dikelompokkan dalam 5M (manpower, material, mechines, money and method). Manajemen telah banyak disebut sebagai “seni untuk merealisasikan pekerjaan melalui orang lain”. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen semu. Metode ini pada dasarnya sama dengan eksperimen murni, bedanya adalah dalam pngontrolan variabel. Pengontrolannya hanya dilakukan terhadap satu variabel saja, yaitu variabel yang dipandang paling dominan. Dalam eksperimen tentang pengaruh media pembelajaran, pemecahan masalah terhadap kemampuan berfikir mahasiswa PTB yang mengikuti matakuliah manajemen konstruksi. Dengan adanya media mahasiswa yang mengikuti mata kuliah manajemen konstruksi di harapkan mampu memahami pengoprasian Microsoft Project. Pengumpulan data dengan ketepatan cara-cara yang digunakan untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data dapat dilakukan dalam berbagai setting, berbagai sumber dan berbagai cara. Pertama melakukan observasi, kemudian diberikan soal pretest, pemberian median dan pemberian posttest pada akhir penelitian Untuk peningkatan hasil belajar itu sendiri diuji dengan uji Gain. Dimana hasil pre test dan post test, dijadikan acuan untuk menjawab adakah peningkatan hasil belajar yang terjadi di mahasiswa PTB angkatan 2013 yang mengambil matakuliah manajemen konstruksi. dan hasil yang didapat melalui uji ini adalah sebesar 0.4419. dimana hasil ini termasuk kategori hasil peningkatan yang Sedang. Pada dasarnya sikap kognitif yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan teknik bangunan cukup bagus, Itu dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar yang Sedang, ditambah adanya hambatan-hambatan yang dialami oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lectora, peningkatan, Media.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 38268 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2017 13:41
Last Modified: 16 Mar 2017 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25390

Actions (login required)

View Item View Item