ANALISIS KETERAMPILAN DAN PROSES BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKS INTERAKTIF


Nova Rahmawati , 4201412013 (2016) ANALISIS KETERAMPILAN DAN PROSES BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKS INTERAKTIF. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201412013.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran keterampilan berpikir tingkat tinggi dan proses berpikir siswa SMA kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dilakukan dengan meninjau indikator kognitif pada dimensi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta sesuai pada taksonomi Bloom Terevisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama penelitian ini adalah 12 siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 6 Semarang, yang terdiri dari 4 siswa kategori atas, 5 siswa kategori tengah, dan 3 siswa kategori bawah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi teknik dan triangulasi sumber dipilih untuk menguji keabsahan data hasil penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh (1) subjek kategori atas dan subjek kategori tengah memenuhi dua indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu indikator menganalisis informasi yang masuk dan membagi-bagi atau menstrukturkan informasi ke dalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungannya dan indikator mampu mengenali serta membedakan faktor penyebab dan akibat dari sebuah skenario yang rumit, dan subjek kategori bawah tidak dapat memenuhi semua indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi; (2) proses berpikir subjek kategori atas pada tahap perencanaan adalah pembentukan pengertian dan pembentukan pendapat, pada tahap penyelesaian dan pemantauan adalah pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan, pada tahap evaluasi adalah penarikan kesimpulan; subjek kategori tengah pada tahap perencanaan adalah pembentukan pengertian dan pembentukan pendapat, pada tahap penyelesaian dan pemantauan adalah pembentukan pendapat dan penarikan kesimpulan, dan pada tahap evaluasi penarikan kesimpulan; sedangkan subjek kategori bawah pada tahap perencanaan adalah pembentukan pengertian, pada tahap penyelesaian dan pemantauan adalah pembentukan pendapat dan pada tahap evaluasi adalah penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir tingkat tinggi, LKS Interaktif, proses berpikir.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 12:36
Last Modified: 22 Feb 2017 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25367

Actions (login required)

View Item View Item