ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT


Yuniara Catur Pratiwi, 4101412106 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101412106.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang masih kurang perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan adversity quotient. Hal ini dikarenakan adversity quotient mempengaruhi siswa dalam memecahkan masalah. Agar diperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah, maka diterapkan pembelajaran matematika melalui creative problem solving. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pencapaian ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dengan pembelajaran creative problem solving dan terdeskripsikannya kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pembelajaran creative problem solving berdasarkan adversity quotient yaitu quitters, campers, dan climbers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi dengan desain sequential explanatory. Subjek secara umum penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 7 Semarang dan dipilih enam siswa dari kelas tersebut untuk dilakukan wawancara. Pemilihan subjek wawancara didasari dengan menggunakan instrumen angket adversity quotient yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan wawancara. Analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematika mengacu pada empat tahap pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Analisis data dilakukan dengan langkahlangkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi garis singgung lingkaran dalam pembelajaran creative problem solving dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa quitters mampu melaksanakan tahap memahami masalah; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa campers mampu melaksanakan tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan melaksanakan rencana; (4) kemampuan pemecahan masalah siswa climbers mampu melaksanakan tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Creative Problem Solving, Adversity Quotient
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 10:55
Last Modified: 09 Feb 2017 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item View Item