PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN PENONTONAN POWER POINT GAMBAR TUMBUHAN ATAU BINATANG MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 4 JATIWETAN KUDUS TAHUN AJARAN 2008/2009


Siti Mahmudah , 2101405622 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN PENONTONAN POWER POINT GAMBAR TUMBUHAN ATAU BINATANG MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 4 JATIWETAN KUDUS TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN PENONTONAN POWER POINT GAMBAR TUMBUHAN ATAU BINATANG MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 4 JATIWETAN KUDUS TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN PENONTONAN POWER POINT GAMBAR TUMBUHAN ATAU BINATANG MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 4 JATIWETAN KUDUS TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis, khususnya menulis paragraf deskripsi dapat membantu siswa dalam menggambarkan, melukiskan, dan menganalisis suatu objek. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, dalam pengajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri 4 Jatiwetan Kudus, siswa sering menemui banyak hambatan seperti kosakata yang dimiliki masih sedikit dan penguasaan ejaan dan tanda baca dalam bahasa Indonesia yang masih terbatas. Diasumsikan penggunaan media power point gambar tumbuhan atau binatang dan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pengajaran menulis paragraf deskripsi. Berdasarkan penjelasan di atas, penelitian ini mengaji (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri 4 Jati Wetan Kudus melalui penontonan power point gambar tumbuhan atau binatang melalui metode inkuiri dan (2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa dalam pengajaran menulis paragraf deskripsi dengan penontonan power point gambar tumbuhan atau binatang melalui metode inkuiri pada siswa kelas II SD Negeri 4 Jati Wetan Kudus. Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan penontonan power point gambar tumbuhan atau binatang dengan metode inkuiri pada siswa kelas II SD Negeri 4 Jatiwetan Kudus dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku belajar siswa kelas II SD Negeri 4 Jatiwetan Kudus setelah diberi tindakan pengajaran menulis paragraf deskripsi dengan penontonan power point gambar tumbuhan atau binatang melalui metode Inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri 4 Jatiwetan Kudus dengan Penontonan power point gambar tumbuhan atau binatang melalui metode inkuiri sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan penontonan power point gambar tumbuhan atau binatang melalui metode inkuiri. Teknik nontes berupa hasil observasi jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto siswa kelas II SD Negeri 4 Jatiwetan Kudus. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik dari data tes maupun data nontes. Dari data tes dapat diketahui peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan penontonan power point gambar tumbuhan atau binatang melalui metode inkuiri, yaitu pada prasiklus nilai rata-rata klasikal menulis paragraf deskripsi sebesar 54,10. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 9,23 dengan nilai rata-rata kelas 63,33 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,61 dengan nilai rata-rata kelas 72,94. Untuk peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 18,84. Artinya, keterampilan siswa dalam menulis paragraf deskripsi dengan penontonan power point gambar tumbuhan atau binatang melalui metode inkuiri semakin baik. Hal ini berpengaruh terhadap data nontes yang menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas II SD Negeri 4 Jatiwetan Kudus. Mereka merespon positif terhadap media power point gambar tumbuhan atau binatang dan metode inkuiri yang digunakan sebagai sarana dalam pengajaran menulis paragraf deskripsi sehingga dapat membantu dan memudahkan siswa dalam melukiskan objek. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia agar menggunakan media power point gambar tumbuhan atau binatang dan metode inkuiri dalam pengajaran menulis paragraf deskripsi. Sementara itu, siswa disarankan untuk terus berlatih menulis, khususnya menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media power point gambar tumbuhan atau binatang dan metode inkuiri. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat melakukan penelitian lain dengan menggunakan media dan metode yang lain agar dapat menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, power point gambar tumbuhan atau binatang, metode inkuiri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 08:33
Last Modified: 25 Apr 2015 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item