ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN IPA DI SMP


Naelatul Izah , 4201412034 (2016) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN IPA DI SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201412034.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA/sains merupakan pembelajaran yang menuntut guru untuk melaksanakan berbagai model pembelajaran yang kreatif, inovatif, menarik, menyenangkan, efektif, dan tidak monoton, sehingga kompetensi dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran IPA di SMP berbasis KTSP dan Kurikulum 2013, serta respon siswa terhadap pembelajaran tersebut, melalui metode rekaman video dan angket. Obyek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran IPA di salah satu kelas VIII di tiga SMP berbasis KTSP dan Kurikulum 2013 dengan pengamatan satu kali. Hasil rekapitulasi kegiatan guru dan siswa di SMP berbasis KTSP menunjukkan bahwa, kegiatan siswa yaitu memperhatikan guru yaitu di SMP berkode A, SMP berkode B, dan SMP berkode C secara berturut-turut yaitu sebesar 59,16% 46,06%, 85,80%. Siswa memperhatikan penjelasan guru dan mengerjakan soal apabila diperintah guru. Pada SMP berbasis Kurikulum 2013, di SMP berkode X, SMP berkode Y, dan SMP berkode Z, kegiatan siswa yaitu mempresentasikan hasil percobaan, melakukan percobaan, dan latihan soal yaitu sebesar 24,50%, 32,78%, dan 55,23%. Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran tersebut, penulis menggunakan instrumen angket. Berdasarkan hasil analisis respon angket terhadap indikator pemilihan pendekatan/strategi guru, hasil persentase rata-rata di SMP berbasis KTSP sebesar 76%, 76%, dan 72% yaitu berkategori tinggi. Pada SMP berbasis Kurikulum 2013 sebesar 88,02%, 84,38%, dan 86%, yaitu berkategori sangat tinggi, tinggi, dan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Model pembelajaran, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 12:53
Last Modified: 22 Feb 2017 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25336

Actions (login required)

View Item View Item