FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA PULAU JAWA DAN LUAR PULAU JAWA SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG


Rike Riszki Yunitasari , 2302411003 (2016) FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA PULAU JAWA DAN LUAR PULAU JAWA SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411003.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar merupakan implementasi dari belajar yang menghasilkan sebuah penilaian yang mengacu pada satu hal yang sama. Adanya perbedaan hasil belajar pada setiap siswa dikarenakan beberapa faktor, antara lain adalah faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan studi pendahuluan peneliti menemukan bahwa di SMK Bagimu Negeriku Semarang terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa pulau Jawa dan siswa luar pulau Jawa. Melalui studi pendahuluan tersebut, dimungkinkan ada faktor yang berpengaruh terhadap perbedaan hasil belajar dari siswa yang berasal dari pulau jawa dan siswa yang berasal dari luar pulau jawa di SMK Bagimu Negeriku Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan hasil belajar bahasa Jepang siswa pulau jawa dan siswa luar pulau jawa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Bagimu Negeriku Semarang sebanyak 106 siswa dan 50 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil angket, faktor eksternal yang mempengaruhi belajar, yaitu : a. Perhatian orangtua siswa pulau Jawa (96%) dalam mendukung dan mengingatkan belajar lebih besar dibanding dengan siswa luar pulau Jawa (49%), b. Guru dan keadaan sekolah yaitu siswa pulau jawa (76,3%) dan siwa luar pulau Jawa (64%). c. Tempat tinggal. Siswa pulau Jawa (75%) dan siswa luar pulau Jawa (84%) merasa tidak nyaman untuk belajar di asrama. Sedangkan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu : a. Minat belajar bahasa Jepang pada siswa pulau Jawa (80,3%) lebih tinggi dibanding dengan siswa luar pulau Jawa (57,3%,. b. Kesulitan siswa belajar bahasa Jepang siswa pulau Jawa (52,3%) lebih rendah dibanding dengan siswa luar pulau Jawa (71,7%), c. Cara belajar bahasa Jepang ketika di asrama siswa pulau Jawa (68%) lebih besar dibanding dengan siswa luar pulau Jawa (61,2%), d. Kesiapan dalam belajar siswa pulau Jawa (80,5%) lebih rendah dibanding dengan siswa luar pulau Jawa (83%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor penyebab perbedaan hasil belajar, Bahasa Jepang, Jawa, luar Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 38258 not found.
Date Deposited: 03 May 2017 13:43
Last Modified: 03 May 2017 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25329

Actions (login required)

View Item View Item