ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA RESOURCE BASED LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA KELAS X

Devy Mayaningtyas, 4101412091 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA RESOURCE BASED LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3651Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kritis siswa kelas X dengan menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning dan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X berdasarkan gaya belajar yang dimiliki siswa yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning. Jenis penelitian ini adalah mixed methods dan desain penelitian yang digunakan adalah adalah sequential explanatory. Subjek penelitian siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Juwana. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Seluruh siswa kelas X MIPA 1 diidentifikasi tipe gaya belajarnya dengan menggunakan angket gaya belajar. Data mengenai ketuntasan klasikal diperoleh dengan metode tes kemampuan berpikir kritis yang dianalisis dengan menggunakan uji proporsi. Data mengenai kemampuan berpikir kritis dianalisis dari hasil tes kemampuan berpikir kritis lalu dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Dipilih 6 siswa untuk dilakukan wawancara kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari 2 siswa pada masing-masing tipe gaya belajar. Selanjutnya analisis seluruh data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran Resource Based Learning mencapai ketuntasasan klasikal 87,5%, 2) siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator pada tahap klarifikasi, assesmen, dan strategi namun kurang mampu memenuhi indikator pada tahap penyimpulan, 3) siswa dengan gaya belajar auditori kurang mampu memenuhi tahap klarifikasi, penyimpulan dan strategi namun mampu memenuhi semua indokator pada tahap assesmen, 4) siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua indikator pada tahap klarifikasi, assesmen, penyimpulan, dan strategi, 5) kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik sedikit kurang mampu untuk memenuhi tahap penyimpulan dengan baik, 6) kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik mampu memenuhi tahap assesmen dengan baik, karena siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dapat menggali informasi yang relevan dari soal dan mampu menentukan ide/konsep yang akan digunakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Resource Based Learning, Gaya Belajar.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
    Depositing User: pkl10 tik 2017
    Date Deposited: 09 Feb 2017 05:52
    Last Modified: 09 Feb 2017 05:52

    Actions (login required)

    View Item