ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED BERTIPE PROBLEMS WITH MULTIPLE SOLUTION METHODS


Prawita Ningrum, 4101412074 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED BERTIPE PROBLEMS WITH MULTIPLE SOLUTION METHODS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101412074.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika diharapkan akan membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Dalam pembelajaran matematika kreativitas siswa sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan soal-soal yang rumit dan bersifat non-routine. Siswa diharapkan dapat mengemukakan ide-ide baru yang kreatif dalam menganalisis dan menyelesaikan soal. Mayoritas siswa masih kebingungan jika dihadapkan pada soal non-routine yang contohnya tidak terdapat di buku. Hal itu menandakan bahwa tingkat berpikir kreatif matematis siswa masih rendah dan kreativitasnya belum terasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent dalam menyelesaikan soal open-ended bertipe problems with multiple solution methods dalam setting model pembelajan langsung. Desain penelitian yang dilakukan adalah mixed method bertipe sequential explanatory design. Dalam penelitian ini, dipilih sampel sebanyak 32 siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Kudus sebagai sumber data penelitian kuantitatif. Selain itu, sumber data untuk penelitian kualitatif dipilih subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Kudus berdasarkan instrumen GEFT (Group Embedded Figure Test). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Analisis hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara mengacu pada tiga komponen berpikir kreatif yaitu fluency (kefasihan), flexibility (fleksibilitas), dan novelty (kebaruan). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dari siswa dengan gaya kognitif field dependent; (2) siswa dengan gaya kognitif field independent mencapai TBKM 3 (kreatif) dan terlibat aktif terhadap pembelajaran matematika; dan (3) siswa dengan gaya kognitif field dependent mencapai TBKM 2 (kurang kreatif) dan kurang terlibat aktif terhadap pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif Matematis; Gaya Kognitif; Soal Open-ended; Pembelajaran Langsung
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 10:51
Last Modified: 09 Feb 2017 10:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25313

Actions (login required)

View Item View Item