PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN TEKNIK BALAINANG MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI KARANGDUREN 3 TENGARAN SEMARANG


Lestariningsih , 2101405667 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN TEKNIK BALAINANG MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI KARANGDUREN 3 TENGARAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN TEKNIK BALAINANG MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI KARANGDUREN 3 TENGARAN SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN TEKNIK BALAINANG MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI KARANGDUREN 3 TENGARAN SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan awal atau dasar bagi anak didik yang harus dikuasai agar dapat mengikuti semua atau seluruh kegiatan dalam proses belajar mengajar, kemampuan membaca akan sangat berpengaruh pada keberhasilan anak didik dalam proses pembelajaran dalam sekolah. Membaca merupakan keterampilan sangat penting, sehingga keterampilan membaca diajarkan pada jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga PT, namun bisa juga dibelajarkan sebelum itu. Di SD Negeri Karangduren 3 Tengaran Semarang masih banyak siswa yang kurang memiliki keterampilan membaca. Rendahnya keterampilan membaca karena masih banyak siswa yang minat bacanya masih rendah. Selain itu, banyak siswa yang tidak mengenyam pendidikan TK. Sebagian besar siswa berasal dari keluarga yang kurang mampu dan berpendidikan rendah. Masih banyaknya siswa yang tinggal kelas karena siswa sama sekali tidak mengenal huruf juga membuat nilai membaca rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai membaca nyaring. Selain itu, kemampuan siswa dalam membaca juga masih mengalami kesulitan. Siswa masih kurang lancar dalam membaca juga masih ditemukan. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan teknik balainang dan media buku bergambar. Berdasarkan uraian di atas permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan siswa kelas I SD Negeri Karangduren 3 Tengaran Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca nyaring dengan teknik balainang melalui media buku bergambar, perubahan perilaku belajar siswa kelas I SD Negeri Karangduren 3 Tengaran Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca nyaring dengan teknik balainang melalui media buku bergambar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa SD Negeri Karangduren 3 Tengaran setelah mengikuti pembelajaran membaca nyaring dengan teknik balainang melalui media buku bergambar, mendeskripsikan perubahan perilaku belajar sisa kelas I SD Negeri Karangduren 3 Tengaran Semarang. Penelitian tindakan kelas ini meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Teknik tes yaitu berupa penilaian keterampilan membaca nyaring kalimat sederhana dan tes tertulis pemahaman terhadap isi kalimat sederhana, sedangkan teknik nontes meliputi observasi, jurnal guru, wawancara, dokumentasi foto. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Ternyata, hasil penelitian siklus I menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa yang positif. Namun, peneliti kurang puas karena berdasarkan refleksi masih banyak siswa yang malu, takut, dan kurang percaya diri saat membaca. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan-tindakan perbaikan pada pembelajaran siklus II, yaitu (1) memberikan penjelasan ulang atau memotivasi siswa agar dapat membaca nyaring lebih baik; (2) memberikan reward yang lebih menarik kepada siswa yang berani membaca nyaring dengan baik; (3) menyediakan media buku gambar yang lebih menarik lagi. Reaksi siswa, siswa sangat senang dan tertarik dengan buku gambar yang dibawakan peneliti, sehingga siswa lebih percaya diri saat membaca nyaring. Selain itu, buku bergambar yang disediakan peneliti juga digunakan untuk kegiatan mewarnai, hal ini dilakukan untuk mengondisikan siswa agar tidak ramai. Saat pembelajaran berlangsung, siswa juga berlomba-lomba mendapatkan penghargaan dari peneliti sebagai pembaca terbaik. Perubahan perilaku siswa mengakibatkan peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa sebesar 14,3%. Pada siklus I, siswa memperoleh nilai rata-rata 69,39. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa memperoleh nilai rata-rata 79,3 yang masuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa yang diikuti perubahan perilaku siswa ke arah positif setelah diterapkan pembelajaran keterampilan membaca nyaring dengan teknik balainang melalui media buku bergambar. Dari hasil penelitian dan pembahasanya, saran yang dapat peneliti rekomendasikan antara lain pembelajaran membaca nyaring dengan teknik balainang dan media buku bergambar dapat dimanfaatkan sebagai alternatif oleh guru kelas rendah khususnya pada pembelajaran membaca nyaring. Teknik balainang dan media buku bergambar bukan satu-satunya teknik dan media dalam pembelajaran membaca nyaring. Untuk itu, guru diharapkan dapat mencari teknik dan media lain yang lebih menarik, kreatif, dan variatif untuk mengatasi kejenuhan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca nyaring, teknik balainang, media buku bergambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 08:14
Last Modified: 25 Apr 2015 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item