Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa SMP N 1 Bulu Sukoharjo

Faridah Muthi’ah, 5302412127 (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa SMP N 1 Bulu Sukoharjo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1959Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Kurang minatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran dilihat dari keaktifan siswa, siswa kurang antusias bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik informatika dan komunikasi dilihat dari hasil ulangan tengah semester genap, dengan kriteria kentutasan minimum 75 diperoleh rata-rata kentuntasan belajar klasikal kelas VIII sebesar 35,6% dan ratarata 73. Dari latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar mata pelajaran teknik informatika dan komputer antara model pembelajaran numbered head together dengan ceramahdan mengetahui efektivitas model pembelajaran numbered head together. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Bulu Sukoharjo yang berjumlah 236 siswa. Terdiri dari kelas VIII A-VIII H.Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Dari hasil pengambilan sampel secara acak diperolehKelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan posttest only kontrol group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 82,76 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 73,06. Model pembelajaran numbered head together efektif digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal hasil belajar kelas eksperimen lebih dari 75% sehingga pembelajaran dapat dikatakan efektif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model Numbered Head Together, hasil belajar, posttest only control group design, simple random sampling.
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: pkl4 tik 2017
    Date Deposited: 20 Apr 2017 12:58
    Last Modified: 20 Apr 2017 12:58

    Actions (login required)

    View Item