ANALISIS PEMAHAMAN SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA


Khomsah Melani, 4101412065 (2016) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101412065.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman siswa merupakan salah satu sentral fokus dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan data penguasaan materi bangun ruang untuk kemampuan memahami sifat dan unsur bangun ruang, hanya 51,37 % daya serap siswa terhadap kemampuan yang diuji untuk tingkat nasional. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman siswa adalah aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pemahaman siswa yang beraktivitas belajar tinggi, sedang, dan rendah dalam materi bangun ruang kubus dan balok berdasarkan teori APOS. Teori APOS menyatakan bahwa pemahaman tentang konsep matematika merupakan hasil dari konstruksi atau rekonstruksi dari objekobjek matematika. Konstruksi atau rekonstruksi tersebut dilakukan melalui tahap aksi, proses, objek, dan skema. sehingga untuk mengetahui pemahaman seseorang terhadap suatu konsep matematika tertentu dapat menggunakan teori APOS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket aktivitas belajar siswa, lembar tugas siswa (tes), dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Muntilan, yang terdiri dari 2 siswa pada tiap kategori aktivitas belajar. Subjek yang dipilih akan dilakukan wawancara kemampuan pemahaman siswa. Data mengenai pemahaman siswa dianalisis dari hasil tes lalu dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan 6 subjek penelitian baik yang beraktivitas belajar tinggi, sedang, dan rendah mencapai tahap APOS yang berbeda-beda, yakni: (1) Siswa yang beraktivitas belajar tinggi dalam menyelesaikan lembar tugas siswa (tes) dapat mencapai tahap aksi, proses, objek, dan skema; (2) Siswa yang beraktivitas belajar sedang dapat mencapai tahap aksi, proses, dan objek; (3) Siswa yang beraktivitas belajar rendah hanya maampu mencapai tahap aksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Teori APOS, Aktivitas belajar siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 11:06
Last Modified: 09 Feb 2017 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25305

Actions (login required)

View Item View Item