ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DENGAN MODEL PBL PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN KARTU MASALAH

Erniza Prasetyo Rini, 4101412059 (2016) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DENGAN MODEL PBL PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN KARTU MASALAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb)

    Abstract

    Rendahnya kemampuan literasi matematika di Indonesia dapat dikarenakan kurangnya penerapan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan realistik. Siswa tidak terbiasa menghadapi soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Penanaman kemampuan literasi matematika dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang mendukung. Penerapan model pembelajaran PBL pendekatan RME berbantuan Kartu Masalah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tercapainya ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen, (2) mengetahui kemampuan literasi matematika dengan model PBL pendekatan RME berbantuan kartu masalah lebih baik daripada kemampuan literasi matematika kelas kontrol, (3) mengetahui peningkatan literasi matematika pada kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran PBL pendekatan RME berbantuan kartu masalah dan kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori dengan menggunakan selisih nilai post-test dan pre-test, (4) mengetahui kualitas pembelajaran PBL pendekatan RME berbantuan Kartu Masalah berkategori minimal baik, (5) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran model PBL pendekatan RME berbantuan kartu masalah, (6) menelaah dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal berorientasi PISA. Penelitian ini merupakan kombinasi model concurrent embedded dengan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan pretestposttest control group design dengan pemilihan sampel secara random samplimg. Penelitian kualitatif menggakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selogiri tahun ajaran 2015/2016 dengan di mana siswa kelas VII C sebagai siswa eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai siswa kontrol. Kedua kelas kemudian diuji untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa setelah diberi perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal, peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, kualitas pembelajaran PBL pendekatan RME berbantuan Kartu Masalah yang dilaksanakan memiliki kategori sangat baik, kemampuan literasi matematika dengan model PBL pendekatan RME berbantuan kartu masalah tergolong cukup baik, kesalahan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal berorientasi PISA pada umumnya adalah siswa melakukan kesalahan dalam transformation, prosess skill yang mengakibatkan kesalahan encoding juga karena kebanyakan siswa masih bingung dalam memahami soal dan menerapkan konsep matematika ke dalam permasalahan sehari-hari.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: PBL, RME, Literasi Matematika, Kartu Masalah.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
    Depositing User: pkl10 tik 2017
    Date Deposited: 09 Feb 2017 06:05
    Last Modified: 09 Feb 2017 06:05

    Actions (login required)

    View Item